nusabali

Warga Non Muslim Terima Jotan Daging Kambing

  • www.nusabali.com-warga-non-muslim-terima-jotan-daging-kambing

46 ekor sapi dan 140 kambing disembelih serangkaian perayaan Idul Adha di Gianyar, Rabu (22/8) pagi.

GIANYAR, NusaBali

Puluhan hewan kurban ini disembelih di sejumlah masjid se Kabupaten Gianyar. Khusus di Masjid Agung Al A'la, Jalan Ksatrian, Gianyar, disembelih tujuh sapi dan 28 kambing.

Setelah daging dipotong dikemas menjadi 2.100 paket daging. Umat muslim mulai menukar kupon untuk pengambilan daging sekitar pukul 13.00 Wita. Menariknya, untuk menjaga solidaritas disediakan 47 paket untuk warga non muslim di sekitar masjid. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Gianyar Nur Widyaswanto menjelaskan pendistribusian daging pada warga non muslim sudah dilakukan sejak dulu. "Itu sudah menjadi kebiasaan setiap hari raya. Tahun ini kami siapkan 47 paket, sebagai salah satu langkah silahturahmi dan menjaga solidaritas antar umat beragama," kata Nur Widyaswanto, saat pemotongan hewan kurban di  masjid Agung Al - A 'la Gianyar, kemarin. Menurutnya, makna dari ibadah kurban selain  untuk mensyukuri nikmat Tuhan juga sebagai bentuk berbagi pada sesama manusia.

Sebelum pemotongan hewan qurban didahului dengan pelaksanaan Sholat Idul Adha yang dimulai sejak pukul 07.00 Wita. Sedangkan pada Selasa (21/8) malam untuk memeriahkan hari raya Idul Adha, PHBI juga mengadakan lomba gema takbir dengan tema kumandang takbir dengan semangat nasionalisme yang diikuti oleh Santriwan dan Santriwati, TPQ dan Madin se Kabupaten Gianyar yang berjumlah 26 kontingen. Juara umum dalam acara lomba ini adalah Utusan dari Madrasaah Nurul Hikmah Pas Dalem Gianyar.

Sementara itu, seusai Sholat Idul Adha, personel Polres Klungkung yang muslim menyembelih seekor sapi dan sembilan ekor kambing qurban, di halaman depan Mapolres Klungkung. Hewan kurban tersebut adalah sumbangan dari umat muslim di Polres Klungkung, Rabu (22/8).

Pemotongan dan pembagian daging qurban ini berlangsung di halaman Mapolres Klungkung. Pembabagian daging dilakukan Kapolres Klungkung AKBP Bambang Tertianto. 400 kantong daging kambing dan sapi dibagikan kepada masyarakat kurang mampu.

Kata Kapolres Bambang, momen Hari Raya Idul Adha 1439 H ini adalah salah satu ajang bagi umat muslim Polres Klungkung untuk saling berbagi, mempererat tali kasih serta mempertajam kepedulian kita terhadap warga yang kurang beruntung. Kapolres Klungkung disela-sela pembagian daging qurban mengatakan, pembagian daging qurban ini merupakan salah satu wujud kepedulian umat Muslim Polres Klungkung pada masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Kapolres Bambang berharap daging kurban ini nantinya dapat membantu meringankan beban masyarakat saat Perayaan Idul Adha. “Kegiatan qurban ini selalu dilaksanakan umat muslim Polres Klungkung setiap tahun,” ujarnya. *nvi, wan

loading...

Komentar