nusabali

TK Gema Santi Jadi TK Negeri Percontohan

  • www.nusabali.com-tk-gema-santi-jadi-tk-negeri-percontohan

Berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Klungkung guna meningkatkan kualitas pendidikan.

SEMARAPURA, NusaBali

Setelah meluncurkan Program Angkutan Siswa Gratis dan Penegerian Taman Kanak-kanak (TK) melalui “Satu Desa Satu TK Negeri”. Pemkab Klungkung kini tengah menyiapkan sebuah TK negeri sebagai TK percontohan.

Hal itu terungkap saat Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan monitoring terhadap TK Negeri Gema Santi di Jalan Gunung Agung, Kelurahan Semarapura Kangin, Klungkung , didampingi Sekretaris Disdik Klungkung Ketut Sujana, Senin (20/8). “Sekolah ini diharapkan menjadi TK negeri percontohan dengan konsep yang berbeda baik dari segi bangunan, konsep belajar mengajar, taman bermain dan lain lain,”ujar Bupati Suwirta.

Ditambahkan, TK Negeri Gema Santi akan ditata ulang mulai dari bentuk bangunannya, arena bermain yang representatif, sarana prasarana belajar yang memadai hingga sumber daya manusia di dalamnya. Sekolah juga diharapkan tidak lagi akan memungut uang iuran perbulannya untuk menggaji para guru honorer, karena semua akan ditanggung Pemda.

Kepala TK Negeri Gema Santi Dewa Ayu Ariesta Ningsih melaporkan TK terdiri dari tiga ruang kelas dan satu ruang guru. Ada 72 siswa dengan tujuh guru Standar Kompetensi Minimum (SKM), dua guru PNS dan lima guru kontrak sekolah yang tengah diajukan menjadi tenaga kontrak daerah. “Saat ini TK Gema Santi memungut iuran siswa Rp 90.000. Uang ini untuk konsumsi Rp 40.000 dan menggaji tenaga guru Rp 50.000. Ada lima guru sudah diajukan menjadi tenaga kontrak Pemkab sehingga pembayaran gaji tidak akan membebani siswa,” ujar Dewa Ayu Ariesta.

Bupati Suwirta menambahkan, para guru dan Dinas Pendidikan supaya proaktif merancang konsep dan perencanaan sehingga TK ini bisa menjadi pioner bagi TK lain. Pihaknya berharap tahun 2019 – 2020, TK ini terwujud menjadi TK percontohan.

Bupati Suwirta menyatakan sesuai target pemerintahannya pada periode ke-2, 100 persen TK di desa akan menjadi  TK negeri. “Pada tahun 2018 akan dilakukan penegerian terhadap 12 TK. Namun jika ke depan jumlah TK berlebihan, maka anggaran akan dialihkan untuk pengadaan angkutan TK dan memaksimalkan TK yang ada," ujar Bupati Suwirta.*wan

Komentar