nusabali

Saksi Berlapis Amankan TPS

  • www.nusabali.com-saksi-berlapis-amankan-tps

Untuk mengantisipasi adanya kecurangan, PDIP yang mengusung paket calon incumbent, I Made Gianyar-Sang Nyoman Sedana Arta (Gita) di Pilkada 9 Desember nanti, bakal menerapkan pengamanan berlapis saat pencoblosan Pilkada Bangli nanti. 

BANGLI, NusaBali
Kini PDIP sudah menyiapkan saksi berlapis di masing-masing TPS. Bahkan, para saksi PDIP juga sudah mendapat pelatihan khusus melalui Badan Saksi Nasional DPP PDIP. Hal serupa juga dilakukan tim dari pasangan calon (Paslon) usungan Demokrat dan Gerindra, IB Brahmaputra-I Ketut Ridet (BPR).

Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Ketua Tim Pemenangan Gita, Wayan Diar, Rabu (21/10) mengatakan pengamanan berlapis tersebut guna mengantisipasi terjadinya tindak kecurangan yang mungkin dilakukan kubu lawan. 

Dalam satu TPS rencananya bakal ditempatkan dua saksi sekaligus. Satu saksi bertugas di dalam TPS dan satunya di luar TPS mengawasi. “Di samping menerapkan saksi berlapis, di masing-masing TPS juga bakal di-back up 10 relawan untuk mengantisipasi segala kemungkinan,” ujarnya.

Sesuai kebijakan partai juga sudah terbentuk Badan Saksi Nasional untuk melatih dan memberikan pembekalan kepada para saksi. Nama-nama saksi juga sudah jelas dan lengkap. Rencananya, para calon saksi PDIP ini, bakal digembleng secara bertahap oleh partai. 

“Dalam pelatihan tersebut, para saksi bakal diberikan pelatihan supaya lebih tanggap dalam segala bentuk-bentuk kecurangan, termasuk diajarkan mengumpulkan bukti-bukti untuk mengantisipasi terjadinya potensi gugatan,” sebutnya. Ketika ditanya mengenai TPS rawan kecurangan, Wayan Diar, menambahkan PDIP tidak memetakan seperti itu. Semua TPS diberlakukan sama dan semua menjadi prioritas untuk diatensi kubu Gita. Pihaknya juga percaya, kecurangan akan sulit terjadi karena mendapat pengawasan ketat dari penyelenggara Pilkada. 

“Kami percaya kepada penyelenggara Pilkada dan berharap pelaksanaan Pilkada di Bangli, dapat berjalan dengan lancar dan aman,” ujarnya. Sebelumnya tim pemenangan pasangan calon Ida Bagus Brahmaputra-I Ketut Ridet (BPR) maupun para relawannya, kini tengah menyusun strategi dalam menghadapi perhelatan Pilkada Bangli 9 Desember mendatang. Salah satunya dengan mempertebal penempatan saksi di tiap-tiap TPS hingga 5 orang. 

Selanjutnya...

Komentar