nusabali

ITDC: Persiapan IMF-WB Sudah 90 Persen

  • www.nusabali.com-itdc-persiapan-imf-wb-sudah-90-persen

Pihaknya ITDC juga sudah siap menyambut kedatangan para delegasi yang diperkirakan sudah mulai berdatangan awal Oktober 2018

MANGUPURA, NusaBali

Pihak pengelola kawasan The Nusa Dua, Indonesia Tourism Developmen Corporation (ITDC) sebagai tempat penyelenggaraan International Monetary Fund (IMF) World Bank (WB) menjamin event yang akan digelar 8-14 Oktober 2018 itu dapat berlangsung dengan lancar dan aman. Dalam rangka menyambut gelaran pertemuan akbar bank dunia tersebut hingga kini persiapan dari ITDC sudah mencapai 90 persen.

Kepala Divisi Hukum ITDC, Yudistira Setiawan dikonfirmasi seusai menggelar upacara bendera dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Jumat (17/8) mengatakan, ITC kini tengah merampungkan pembangunan infranstruktur dan pendukung lainnya. Saat ini, di kawasan ITDC sudah dilakukan perbaikan terhadap sejumlah venue yang akan digunakan dalam pertemuan Oktober 2018 mendatang. "Terkait persiapan IMF-WB, ITDC berada di bawah kordinasi komite nasional. Guna persiapan sesuai dengan target, kami terus berkoordinasi dengan komite pusat," ungkap Yudistira.

Terkait dengan kesiapan hotel, dia menyatakan sudah siap. Diakui, sebelumnya sempat ada kekhawatiran pasca terjadinya gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Namun ditegaskannya, untuk di Nusa Dua dan juga proyek di Mandalika tak terdampak. "Akibat gempa kemarin ada beberapa dampak kecil yang terjadi, seperti genteng lepas. Namun itu tidak mengganggu aktivitas hotel," ujarnya.

Dalam rangka memberikan kepastian kenyamanan kepada seluruh delegasi, rencana evakuasi apabila terjadi sesuatu, sudah disiapkan semua. Pihaknya menjamin ITDC sudah siap menyambut kedatangan para delegasi. "Kami perkirakan, awal Oktober mendatang, para delegasi sudah mulai berdatangan. Kami jamin, pelaksaan pertemuan nanti dapat berjalan sesuai agenda. Semua pihak yang terlibat kini tengah mempersiapkan agar pertemuan itu nanti lancar," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Human Capital ITDC, Made Agus Dwi Atmika ditanya terkait persiapan Lombok sebagai salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk dikunjungi para delegasi juga menyatakan sudah siap. Pasca terjadi gempa bumi di Lombok pihaknya sudah memberikan bantuan. Selain itu saat ini ITDC juga membuka posko berupa dapur umum untuk melayani para pengungsi. Pihak ITDC juga mengerahkan alat berat untuk membersihkan puing bangunan yang roboh. “Kegiatan ini kami lakukan bersama dengan masyarakat dan tentunya dengan BUMN yang lain. Untuk membantu korban gempa Lombok disamping dana CSR, kami juga menggalang dana internal karyawan, baik yang di Jakarta, Bali, maupun Lombok. Kita doakan agar bencara serupa tak terjadi lagi,” katar Made Agus Dwi Atmika.

Pertemuan IMF-World Bank akan berlangsung pada 8-14 Oktober 2018 akan dihadiri oleh sekitar 18 ribu delegasi dari 189 negara. Para delegasi itu merupakan kepala negara, menteri keuangan, gubernur bank sentral, wakil rakyat, pelaku bisnis, lembaga swadaya masyarakat, akademisi hingga media. *po

Komentar