nusabali

Bupati Artha Kunjungi Penderita Disabilitas

  • www.nusabali.com-bupati-artha-kunjungi-penderita-disabilitas

Sehari jelang puncak peringatan HUT ke–123 Kota Negara, Bupati Jembrana I Putu Artha mengunjungi seorang warga penderita disabilitas (keterbatasan mental) I Putu Artana, 38, di Lingkungan Satria, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Selasa (14/8).

NEGARA, NusaBali
Bupati Artha memberikan peket bantuan dari Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Jembrana. Di rumah Artana di sisi Sungai Ijogading, Bupati Artha disambut Camat Jembrana Gusti Ngurah Anom Saputra, Lurah Pendem I Wayan Putra Mahardika, bersama jajaran lingkungan setempat.

Bupati Artha yang didampingi Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa dan Ketua K3S Jembrana Ni Kade Ari Sugianti sempat berbicang-bincang dengan Artana serta keluarganya. Bupati Artha juga meminta petugas untuk merawat dan dokter untuk mengecek kesehatan Artana. Hasilnya, Artana dikategorikan sehat secara fisik, tensinya dipastikan normal.

Selanjutnya, rombongan Bupati Artha mengunjungi tiga warga dengan kondisi serupa di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, masing-masing Ni Wayan Tini, 21, Ni Ketut Istiani, 42, dan Ketut Sadi, 76. Bupati Artha sempat kaget melihat kondisi Ni Wayan Tini, yang sejak lahir menderita lumpuh, dan hanya diasuh ibunya Ni Ketut Darmi. Ketika melihat kamar Tini, Bupati Artha kaget lantaran kamarnya gelap tanpa ventilasi, dan hanya diterangi lampu temaram. Atap kamarnya juga tampak rapuh.

“Pak lurah bisa minta bantuan perbaikan untuk perumahan. Kalau dilihat kondisi rumah begini, mungkin bisa dimintakan perbaikan katageri sedang melalui PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Segera tindaklanjuti, termasuk mengupayakan bantuan untuk kursi roda. Kasihan kalau dia (Tini) hanya diam di kamar. Apalagi kondisi kamar gelap begitu,” ujar Bupati Artha.

Bupati Artha juga mengunjungi dua anak kurang beruntung, I Made Sandi Wibawa, 9, di Desa Baluk, Kecamatan Negara, dan Nur Haekal Basar, 6, di Banjar Pangkung Dedari, Desa/Kecamatan Melaya.

Seusai kunjungan, Bupati Artha mengatakan, kegiatan berbagai kepada warga yang kurang beruntung ini rutin dilakukan serangkaian HUT Kota Negara dan HUT Kemerdekaan RI.

Bupati Artha meminta jajarannya untuk aktif menumbuhkan kepedulian terhadap sesama. Para warga juga diminta menjaga kesehatan, dengan  memanfaatkan pelayanan kesehatan. “Sekarang fasilitas kesehatan selalu kami sediakan, bahkan tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas sudah sangat dekat dan layak. Saya harapkan agar dimanfaatkan dengan baik,” tuturnya. *

loading...

Komentar