nusabali

Bupati Serahkan Dana Aci Rp 500 Juta

  • www.nusabali.com-bupati-serahkan-dana-aci-rp-500-juta

Ngatep Karya Padudusan Alit Pura Dalem Batubelig Kerobokan

MANGUPURA, NusaBali

Serangkaian ngatep karya pedudusan alit di Pura Dalem Batubelig, Desa Adat Kerobokan, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana aci sebesar Rp 500 juta pada Anggara Umanis Uye, Selasa (14/8). Kehadiran Bupati kemarin bertepatan dengan tigang rahina karya sekaligus Ida Bhatara Mesineb.

Bupati Giri Prasta sangat mendukung karya padudusan alit di Pura Dalem Batubelig. Hal ini sejalan dengan sastra-sastra agama Hindu dan salah satu prioritas pembangunan di Badung, yakni dalam upaya pelestarian seni, adat, agama, tradisi, dan budaya. Menurut Bupati, kehadirannya selaku pemerintah di tengah-tengah masyarakat sebagai komitmen pemerintah meringankan beban masyarakat, baik kebutuhan pribadi maupun kebutuhan komunal.

“Dengan komitmen ini, kami harapkan masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya (maturun) untuk pembangunan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Bupati juga mengharapkan masyarakat agar meningkatkan rasa sagilik, saguluk, saluwung-luwung sabayantaka, rasa menyama braya dan gotong royong.

Manggala Karya Anak Agung Rai Suardiana menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Badung sehingga karya di Pura Dalem Batubelig dapat berjalan dengan baik. “Atas nama pangempon pura, kami menghaturkan banyak terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan Bupati Badung,” ucapnya.

Mengenai karya, puncak karya berlangsung pada 11 Agustus dan masineb pada Anggara Umanis Uye kemarin. Sementara terkait pembangunan pura dilaksanakan secara bertahap yang diawali pada tahun 2005 dan tuntas 2017. Untuk karya padudusan alit ini diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp 650 juta, dan untuk karya dibantu Pemkab Badung Rp 500 juta. *asa

Komentar