nusabali

Ribuan Mahasiswa Undiksha Ikuti OKK

  • www.nusabali.com-ribuan-mahasiswa-undiksha-ikuti-okk

Sebanyak 2.990 orang mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengikuti Orientasi Kehidupan Kampus (OKK).

Percepat Adaptasi Kehidupan Kampus

SINGARAJA, NusaBali
Upaya percepatan proses adaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan dan kehidupan kampus itu akan diikuti selama empat hari. Undiksha pun menekankan tidak ada perploncoan dalam pelaksanaan OKK. Kegiatan OKK Undiksha yang diikuti ribuan mahasiswa dari 7 fakultas dan 45 jurusan itu akan diselanggarakan mulai tanggal 13-16 Agustus mendatang. Ketua Panitia OKK Undiksha, I Kadek Swartana Putra, dalam laporannya, Senin (13/8) kemarin mengatakan kegiatan OKK itu dilakukan untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru dengan kampus.

OKK Undiksha pagi kemarin dibuka langsung oleh Wakil Rektor III, Dr I Gusti Ngurah Pujawan  MKes, dengan pelepasan balon dan pengalungan kartu peserta OKK kepada perwkailan mahasiswa. Pihaknya pun menekankan kepada seluruh mahasiswa baru untuk memahami visi Undiksha yang berlandaskan Tri Hita Karana.

Sebagai universitas dengan mahasiswa dari 27 provinsi di Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua, Pujawan pun menyebut Undiksha sebagai kampus NKRI. Sehingga seluruh mahasiswa diharapkan dapat menjalin komunikasi antara mahasiswa. Selain itu pihaknya juga mewanti-wanti kepada seluruh mahasiswa Undiksha selalu menjaga lingkungan sebagai aplikasi palemahan, hubungan manusia dengan lingkungan dalam Tri Hita Karana. “Tidak ada istilah junior senior, semuanya diharapkan dapat menjalin komunikasi satu dengan lainnya, karena kampus kita adalah kampus NKRI, mahasiswanya mulai dari Sumatra hingga Papua ada di sini,” kata dia.

Dalam pelaksanaan OKK pihaknya pun menekankan mahasiswa tidak hanya fokus di bidang akademik saja, tetapi juga penting melibatkan diri dalam kegiatan non akademik. Seperti ikut serta dalam organisasi kemahasiswaan untuk pembentukan kepribadian dan juga kepemimpinan.

Sementara itu pihaknya juga menegaskan Undiksha tidak ada perploncoan dalam pelaksanaan OKK. Hal tersebut pun sudah diterapkan di tahun-tahun sebelumnya. Mahasiswa baru difokuskan pada kegiatan yang lebih bermanfaat untuk proses pendidikan mereka. Sedangkan dari jumlah mahasiswa Undiksha tahun ini disebut Pujawan sudah melebihi target yang dipasang, dari 2.600 orang terisi 2.990 orang.*k23

Komentar