nusabali

Kakanwil Kemenag Bali Bina PPL Karangasem

  • www.nusabali.com-kakanwil-kemenag-bali-bina-ppl-karangasem

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil) Provinsi Bali, I Nyoman Lastra, berikan bimbingan kepada 74 petugas penyuluh lapangan (PPL) di aula STKIP Agama Hindu, Minggu (12/8).

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 74 PPL itu terdiri dari 9 PNS dan 65 penyuluh non PNS. Acara ini dihadiri Direktur Urusan Agama Hindu Kementerian Agama RI I Wayan Buda dan Kepala Kantor Kementerian Agama Karangasem Ni Nengah Rustini.

Nyoman Lastra menegaskan, tugas utama PPL mencerdaskan spiritual umat. PPL wajib menguasai sejarah perkembangan Hindu di Bali dan sejarah kerajaan Hindu di Indonesia. “Penyuluh mesti cerdas. Jangan sekali-sekali jadi PPL kehilangan arah dalam melakukan pembinaan,” ungkap Nyoman Lastra. Dikatakan, PPL mesti memiliki satu visi dan misi pembinaan dalam melakukan penyuluhan. Sehingga ke depan terbentuk kader-kader penyuluh yang militan, profesional, disegani masyarakat sebagai penyebar ajaran kebenaran.

Kepala Kantor Kemenag Karangasem, Rustini, mengatakan 74 penyuluh di Karangasem telah bekerja optimal. “Penyuluh melaporkan kegiatannya setiap hari, juga banyak penyuluh yang berkonsultasi,” jelas Rustini. Banyak PPL melakukan pengabdian sosial sebagai penari topeng, menabuh gong, pesantian, pamangku, dan sebagainya. “Di sini penyuluh disegani masyarakat, juga memberikan penyuluhan pentingnya memberdayakan umat agar paham menata banten serta tahu esensinya. Sehingga terhindar dari membeli banten untuk kelestarian adat dan budaya,” tambah Rustini. *k16

Komentar