nusabali

Jokowi-Maaruf Tes Kesehatan 12 Jam

  • www.nusabali.com-jokowi-maaruf-tes-kesehatan-12-jam

Sejumlah purnawirawan TNI yang tergabung dalam #CAKRA19 deklarasi dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

Usai Tes, Jokowi Langsung Rakor dengan Para Sekjen

JAKARTA, NusaBali
Pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Capres-Cawapres yang diusung PDIP-Golkar-PKB-PPP-NasDem-Hanura-PKPI-Perindo-PSI, sudah jalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jalan Abdul Rahman Saleh, Jakarta Pusat, Minggu (12/8). Usai tes kesehatan yang berlangsung selama 12 jam hingga malam pukul 20.25 WIB, Capres Jokowi langsung rapat dengan para Sekjen parpol koalisi.

Jokowi-Ma'ruf Amin menjalani serangkaian tes kesehatan mulai dari mata, telinga, gigi, hingga organ dalam. Selain itu, juga ada pemeriksaan kejiwaan lewat psikotes dan bebas penyalahgunaan narkotika. Standar pemeriksaan ditentukan oleh tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Jokowi-Ma'ruf keluar dari Gedung Medical Check-up RSPAD Gatot Subroto Ja-karta, tadi malam sekitar pukul 20.25 WIB. Mereka menjalani tes kesehatan sejak pukul 08.00 WIB. Saat keluar, Jokowi menebar senyum.

"Alhamdulillah, saya dengan Prof KH Ma'ruf Amin telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan. Kami Insya Allah sehat semuanya. Karena kalau kita lihat beliau (Ma’ruf Amir) masih segar bugar. Saya masih segar bugar dari pagi sampai malam ini," ujar Jokowi.

Hasil tes kesehatan ini akan diserahkan tim dokter gabungan dari IDI dan RSPAD Gatot Subroto kepada KPU RI, maksimal dua pasca pelaksanaan tes. KPU RI sendiri menggarisbawahi hasil tes kesehatan ini bukanlah penentu lolos atau tidaknya bakal Capres-Cawapres. Hasil tes kesehatan ini hanya rekomendasi kondisi kesehatan Capres-Cawapres jika nantinya terpilih.

Dalam Pilpres 2019 mendatang, Jokowi-Ma’ruf akan tarung head to head melawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Capres-Cawapres yang diusung Gerindra-Demokrat-PAN-PKS-Partai Berkarya. Pasangan Prabowo-Sandi baru akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Senin (13/8) ini.

Sementara, Capres Jokowi semalam langsung menuju Posko Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Rumah Cemara, Jakarta untuk rapat koordinasi dengan para Sekjen parpol koalisi. "Oh ya, setelah ini (tes kesehatan), marathon lagi karena masih bugar. Bertemu dengan Sekjen (parpol koalisi) karena sudah ditentukan jadwalnya tadi," ujar Jokowi saat keluar dari RSPAD Gatot Soebroto. Namun, Jokowi enggan menyebut agenda pertemuan dengan para Sekjen parpol kalisi tersebut. "Masa kamu tanyain semua, ada yang bisa dibuka ada yang tidak," elaknya.

Saat tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto kemarin, Jokowi-Ma’ruf didampingi putra-putri mereka. Pantauan detikcom, pasangan Capres-Cawapres kombinasi nasionalis-religius ini tiba di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Keduanya datang bersama dalam satu mobil. Mereka berangkat bersamaan dari Istana Merdeka Jakarta.

Selain putra-putri mereka, Jokowi-Ma’ruf juga didampingi 8 dari 9 Sekjen parpol koalisi saat jalani tes kesehatan kemarin. "Ya, betul (semua Sekjen parpol mendampingi) kecuali Sekjen Golkar yang ada tugas di Sulawesi Selatan," tandas Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, di RSPAD Gatot Subroto kemarin.

Selain Hasto Kristiyanto, panglima perang parpol yang hadir, antara lain, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, dan Sekjen PKPI Verry Surya Indrawan. Setelah mendampingi Jokowi-Ma’ruf tes kesehatan, para Sekjen parpol koalisi ini kemarin mendahului gelar rapat koordinasi. Jokowi baru menyusul datang ke lokasi rapat koordinasi seusai tes kesehatan, tadi malam.

"Setelah ini, juga ada rapat koordinasi dengan para Sekjen," jelas Hasto. Menurut Hasto, rapat koordinasi para Sekjen parpol tersebut membahas tahap-an finalisasi dalam upaya memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Tahapan finalisasi itu juga akan dibahas langsung dengan Jokowi.

Sementara itu, sejumlah purnawirawan TNI yang tergabung dalam #CAKRA19 menggelar deklarasi dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Minggu kemarin. #CAKRA19 sepakat memenangkan Jokowi-Ma-'ruf di Pilpres 2019. Purnawirawan TNI yang tergabung dalam #CAKRA19, antara lain, mantan Sesmenko Polhukam Eko Wiratmoko dan mantan Danjen Kopassus yang kini Sekjen DPP Golkar, Lodewijk F Paulus.

Deklarasi kemarin juga dihadiri Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan mantan Seskab Andi Widjajanto---yang kini Ketua Relawan #CAKRA19. Sedangkan teks deklarasi dukung Jokowi-Ma’ruf dibacakan mantan Kapuspen TNI, Laksda TNI (Purn) lskandar Sitompoel

"Kami Tim Cakra 19 yang tersebar di beberapa penjuru negeri ini mendeklarasikan dukungan kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk kembali maju menjadi Presiden periode 2, yaitu 2019 hingga 2024," ujar Iskandar Sitompoel yang sekaloigus Jubir #CAKRA19.

Iskandar mengatakan, Jokowi dinilai mampu mengembalikan Indonesia menjadi zamrud Khatulistiwa dan macan Asia. Jokowi merupakan pemimpin yang berani mengambil langkah-langkah luar biasa untuk dapat mengembalikan kejayaan Indonesia. "Tim Cakra 19 akan memberikan dukungan secara penuh karena kami ingin melihat kembali kilau cahaya zamrud khatulistiwa dan awan gagah sang macan Asia yang hanya dapat diwujudkan oleh kepemimpinan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin," katanya. *

Komentar