nusabali

Harmoni Indonesia di Unud Diikuti 3.000 Peserta

  • www.nusabali.com-harmoni-indonesia-di-unud-diikuti-3000-peserta

Dalam rangka mengambut Asian Games XVIII dan menyongsong HUT ke–73 RI, pemerintah pusat menggelar acara bertajuk Harmoni Indonesia 2018.

MANGUPURA, NusaBali
Kegiatan ini digelar serentak di 49 kota di Indonesia.  Kegiatan serentak ini juga diikuti civitas akademika Universitas Udayana (Unud). Kampus Unud menyelenggarakannya di rektorat kampus pusat Bukit Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Minggu (5/8) pukul 08.00 Wita.

Kegiatan Harmoni Indonesia diwarnai pelepasan balon, membentangkan bendera sepanjang 100 meter di lapangan rektorat. Pada puncak acara diisi paparan dari perwakilan Menteri Pertahanan, menyanyikan lagu-lagu kebangsaan serta live conference dengan 10 provinsi di Indonesia.

Rektor Unud Prof Dr dr AA Raka Sudewi SpS (K) dikonfirmasi di sela acara mengatakan kegiatan ini diselenggarakan secara serentak di 49 kota besar di Indonesia. Kegiatan ini tak hanya menyemarakkan HUT RI dan mendukung  pelakasanaan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang, tetapi juga untuk merajut kebangsaan dan memperkokoh kembali persatuan bangsa.

Dikatakannya, kegiatan ini diikuti 3.000 peserta yang melibatkan berbagai pimpinan daerah di Bali, perwakilan dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Bali, seluruh civitas akademika Unud serta unsur TNI dan Polri.

“Kami berharap kegiatan Harmoni Indonesia 2018 ini dapat memperdalam makna kebangsaan dengan empat pilar yang harus dimaknai, pertama Pancasila, kedua Undang Undang Dasar 1945, ketiga Bhineka Tunggal Ika. Ketiga pilar ini akan memperkuat pilar keempat dalam rangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan serta dapat hidup harmonis di antara sesama. Bulan Agustus merupakan bulan penuh makna. Harapan kami dengan diadakannya acara ini dapat memperkokoh persatuam dan kesatuan,” paparnya.

Ketua Panitia yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Unud Dr dr I Ketut Suyasa SpB, SpOT (K) mengatakan tema kegiatan ini adalah, ‘mari bernyanyi bersama menyemangati Asian Games 2018 dan memperkokoh persatuan NKRI’.  “Kami berharap kegiatan Harmoni Indonesia ini membangkitkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Sehingga dapat menjaga keutuhan NKRI,” ujarnya. *po

Komentar