nusabali

Wifi Gratis Ditarget Rampung Sebelum HUT Ke–9 Mangupura

  • www.nusabali.com-wifi-gratis-ditarget-rampung-sebelum-hut-ke-9-mangupura

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung menargetkan pemasangan wifi gratis di lokasi-lokasi strategis rampung sebelum HUT ke–9 pada November 2018 mendatang.

MANGUPURA, NusaBali
Saat ini program yang sejak awal dirancang mendukung program smart city tengah dalam tahap pemasangan jaringan fiber optic (FO). Jaringan FO dibangun dari nol, karena pemasangannya sampai ke pelosok-pelosok desa di Badung. Sesuai target, wifi gratis bakal dipasang hingga ke banjar-banjar. “Perkembangan wifi gratis sudah mulai pemasangan jaringan FO. Untuk koordinasi dengan pemilik gedung dan penentuan titik hotspot sudah beres,” ungkap Kepala Diskominfo Badung I Wayan Weda Dharmaja, Minggu (5/8).

Weda Dharmaja menyebut pada beberapa titik sudah mulai dilakukan pemasangan wifi. “Seperti balai banjar dan puskemas, kami sudah mulai pasang alatnya.”

Targetnya, proyek yang sumber dananya dari APBD Badung 2018 ini tuntas sebelum HUT ke–9 Mangupura pada November mendatang. “Mudah-mudahan HUT Mangupura sudah bisa kami launching,” tegasnya. Disinggung kapan masyarakat bisa menikmati wifi gratis, pejabat asal Sembung, Kecamatan Mengwi, itu menyatakan setelah launching masyarakat sudah bisa menikmati wifi gratis ini.

Selain sekolah, kantor camat, lurah/desa, pustu, dan puskesmas, Diskominfo Badung juga memasang wifi gratis di sejumlah objek wisata. Di antaranya di Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak, Pantai Pandawa, objek wisata Uluwatu, Sangeh, dan Jembatan Tukad Bangkung. “Untuk objek wisata dan tempat strategis, sementara kami pasang di 13 titik dulu. Nanti akan terus kami tambah,” katanya.

Sekadar mengingatkan, pemasangan wifi ini merupkan komitmen Pemkab Badung dalam upaya menuju Badung Smart City. Pemkab Badung telah menyiapkan anggaran dari APBD induk 2018 sebesar Rp 26 miliar lebih. Rencana ada 982 titik yang nanti bakal dipasang wifi. Kemudian terkait kecepatan, satu titik wifi yang terpasang memiliki kecepatan 5-10 Mbps (Mega Byte Per Second). Adapun jangkauan sekitar 30 meter.

Untuk mengantisipasi wifi gratis tak disalahgunakan, seperti mengakses situs-situs terlarang, Pemkab Badung bakal memblokir situs kategori mengandung muatan pornografi dan situs terlarang lainnya. Dengan begitu, wifi gratis ini hanya dimanfaatkan untuk mengakses hal-hal positif. *asa

loading...

Komentar