nusabali

Rumah Terbakar, Surat Berharga dan Uang Ludes

  • www.nusabali.com-rumah-terbakar-surat-berharga-dan-uang-ludes

Sejumlah surat berharga, uang tunai, pakaian dan tempat tidur ludes terbakar, setelah terbakarnya sebuah rumah milik I Nyoman Landra, 45,di Banjar Tinjalas, Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem, Jumat (3/8) pukul 14.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali

Diduga penyebab kebakaran karena korsleting listrik. Kepulan asap keluar dari salah satu kamar tidur, pertama kali disaksikan Ni Made Sumarta, 32, tetangga korban. Selanjutnya memberitahukan kepada pemilik rumah I Nyoman Landra. Ditemui di rumahnya, I Nyoman Landra menuturkan, tanpa sebab yang jelas, dari salah satu kamar tidur di rumahnya mengepulkan asap tebal. Kemudian rumah dengan ukuran 8 meter x 6 meter, terdiri dari 3 kamar tidur dan satu kamar kecil, terbakar dan menjalar ke seluruh kamar.

Warga setempat berupaya memberikan pertolongan dengan memanfaatkan persediaan air sangat terbatas di cubang masing-masing, diangkut dengan ember. Ternyata tidak bisa memadamkan api.  Upaya penyelamatan barang-barang terutama almari yang berisi pakaian, surat-surat berharga, uang tunai dan buku-buku pelajaran, sulit dilakukan. I Nyoman Landra kemudian memberitahukan kasus itu ke petugas Dinas Pemadam Kebakaran. Dikomando Kadis I Nyoman Sutirtayasa, petugas datang pukul 14.30 Wita, dan berhasil dilakukan pemadaman pukul 15.30 Wirta.

Sisa-sisa barang yang terbakar dikeluarkan, ternyata tidak ada yang utuh. Buku pelajaran, pakaian sekolah, pakaian sehari-hari, dan yang lainnya terbakar. Nampak pula kasur yang terbakar, hanya tersisa bagian puing-puing saja.

Meski demikian warga di Banjar Tinjalas tetap memberikan pertolongan dengan membersihkan ketiga kamar tersebut dengan menyiramkan air, kemudian seluruh sampah sisa kebakaran disapu.

Nampak, bagian atap bangunan yang terbakar, plafon dan sebagian reng bangunan. "Barang-barang yang terbakar terutama BPKB, sertifikat tanah, uang tunai, ijazah, pakaian sekolah dan pakaian sehari-hari. Saya tidak tahu entah berapa uang, BPKB dan sertifikat yang terbakar. Sebab itu punya anak saya," kata I Nyoman Landra.

Sedangkan, kata I Nyoman Landra saat kejadian, pemilik seluruh barang-barang berharga itu  atas nama I Wayan Dermada tengah bepergian ke Denpasar. "Terutama uang yang terbakar jumlahnya jutaan rupiah merupakan uang nasabah Koperasi. Sebab, anak saya pegawai Koperasi," tambah I Nyoman Landra.

Kadis Pemadam Kebakaran I Nyoman Sutirtayasa mengatakan, masih mengecek jumlah kerugian dialami korban. Walau bangunan tergolong kecil, tetapi isinya banyak surat-surat berharga dan sejumlah uang tunai. *16

Komentar