nusabali

Pohon Perindang Tumbang Timpa Mobil

  • www.nusabali.com-pohon-perindang-tumbang-timpa-mobil

Angin kencang di Buleleng, Kamis (2/8), menumbangkan sebuah pohon perindang di Jalan Gajah Mada, wilayah Lingkungan Peguyangan, Kelurahan Astina, kecamatan/Kabupaten Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali
Pohon setinggi enam meter berdiameter batang sekitar 30 cm itu juga menimpa sebuah mobil Toyota Vios Hitam nopol DK 193 BN, sedang parkir di bawahnya. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 12.15 Wita, saat angin kencang terus berhembus. Diduga, pohon perindang yang sudah borok di bagian itu tidak kuat menopang dahan yang disapu angin kencang. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng Ida Bagus Suadnyana, dihubungi terpisah, mengaku langsung menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) usai mendapat laporan dari masyarakat.

Pihaknya mengatakan tidak mengetahui pemilik mobil yang memarkir mobilnya di pinggir jalan itu. “Tim kami lakukan evakuasi pohonnya. Sedangkan pemilik mobil tidak diketahui identitasnya,” kata dia.

Akibat kejadian itu, mobil mewah itu mengalami kerusakan cukup parah pada kap atas bagian belakang hingga kelihatan terbuka. Sementara itu, lima orang personel TRC langsung mengeksekusi pohon tumbang tersebut dengan menggunakan dua mesin pemotong kayu dan dibantu oleh warga setempat.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat dalam cuaca tak menentu itu tetap waspada. Angin kencang juga diantisipasi BPBD Buleleng dengan penataan pohon perindang yang beresiko bencana. Ia juga berharap masyarakat turut berperan aktif melaporkan pohon dan potensi bencana lainnya sehingga dapat diantisipasi lebih awal. *k23

Komentar