nusabali

Indonesia Tekuk Myanmar 2-1

  • www.nusabali.com-indonesia-tekuk-myanmar-2-1

Duel ketiga Timnas U-16 Indonesia di Grup A akan sangat menarik, karena bertemu Vietnam, Kamis (2/8) besok pukul 19.00 WIB, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

SIDOARJO, NusaBali
Indonesia meraih kemenangan kedua di Piala AFF U-16 2018. Menghadapi Myanmar, Skuat Merah-Putih menang tipis 2-1 lewat sepasang gol Bagus Kahfi. Pada laga kedua Grup A yang dihelat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (31/7) malam WIB, Indonesia yang menang 8-0 atas Filipina di laga pertama langsung tancap gas sejak menit awal.

Hasilnya pada menit ketujuh, Indonesia sudah unggul lewat gol yang diciptakan Bagus Kahfi memanfaatkan umpan Rendy Juliansyah. Sontekan Bagus dari jarak dekat menjebol jala Myanmar. Indonesia terus menyerang dan menciptakan peluang di gawang Myanmar. Sementara Myanmar sesekali mengancam lewati serangan balik.

Pada menit ke-26, Bagus berhasil mencetak gol keduanya sekaligus membawa Indonesia unggul 2-0. Bola panjang dari lini pertahanan Indonesia menuju Bagus yang berlari ke pertahanan Myanmar. Bagus berhasil mengungguli dua bek Myanmar sebelum melepaskan tembakan terukur ke pojok kanan gawang. Usaha kiper Myanmar, Nay Lin Htet, menutup ruang gerak Bagus tidak berhasil.

Di babak kedua, Indonesia masih menguasai pertandingan tapi mereka kesulitan menambah keunggulan. Bagus mendapat pengawalan ketat dari bek-bek Myanmar yang tak mau kecolongan lagi. Myanmar memperkecil ketertinggalan lewat penalti Zaw Win Thein di menit ke-72. Penalti ini diberikan karena kiper Ernando Ari dianggap melanggar pemain Myanmar Thaw Zin Htet meski sebenarnya Thaw lah yang menghalang-halangi. Tapi wasit menilai Ernando sengaja menjatuhkan pemain lawan yang kemudian diprotes keras kubu Indonesia.

Hingga laga berakhir, skor 2-1 tetap bertahan untuk kemenangan Indonesia. Dengan hasil itu, Skuat Garuda Muda berada di puncak klasemen Grup A dengan nilai 6. Nilai sama dengan Timnas U-16 Vietnam, tapi Timnas U-16 Indonesia unggul selisih gol. Dengan keunggulan 2-1, Timnas U-16 Indonesia memiliki selisih gol +9, sedangkan Vietnam +5.

Sebelumnya, Vietnam sempat menggusur Indonesia berkat kemenangan 4-0 atas Timor Leste di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Selasa (31/7) pukul 15.30 WIB.

Vietnam kini harus puas kembali di posisi kedua. Timnas U-16 Kamboja di posisi ketiga dengan nilai 3. Myanmar di posisi keempat juga dengan nilai 3, tapi kalah selisih gol dari Kamboja. Duel ketiga Timnas U-16 Indonesia di Grup A akan sangat menarik, karena bertemu Vietnam, Kamis (2/8) besok pukul 19.00 WIB, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Sementara di Grup B, belum semua tim memainkan laga pertamanya -- mengingat grup ini diikuti oleh lima tim. Masih ada Singapura yang baru akan mengawali kiprahnya di Piala AFF U-16 dengan menghadapi Laos, Rabu (1/8) ini.

Untuk sementara ini Laos juga berhak memuncaki klasemen Piala AFF U-16 di Grup B berkat kemenangan 3-2 atas Brunei Darussalam. Kemenangan juga dipetik Thailand dengan skor 2-1 atas Malaysia.

Dua tim terbaik dari masing-masing grup berhak lolos ke semifinal Piala AFF U-16; juara Grup A menghadapi runner-up Grup B dan runner-up Grup A melawan juara Grup B. Pertandingan babak empat besar dihelat pada 9 Agustus, yang dilanjutkan dengan duel perebutan posisi ketiga dan partai final pada tanggal 11 Agustus. *

Komentar