nusabali

Tiga Pejabat Bersaing untuk Posisi Kadis Ketahanan Pangan Tabanan

  • www.nusabali.com-tiga-pejabat-bersaing-untuk-posisi-kadis-ketahanan-pangan-tabanan

Tiga orang pejabat eselon III A lolos seleksi untuk bersaing menduduki posisi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tabanan yang pensiun per 1 Agustus 2018.

TABANAN, NusaBali

Ketiga pejabat dimaksud adalah, I Nyoman Putra yang kini menjabat sebagai Kabag Umum Sekretariat DPRD Tabanan, Ni Dewa Ayu Putu Sri Widyanti selaku Kabag Keuangan Setda Tabanan, dan I Made Gama Sumerta yang kini menjabat Sekdis Kebudayaan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tabanan I Wayan Sugatra, menjelaskan dari enam pejabat yang ikut seleksi, ada tiga pejabat yang lolos seleksi. Selanjutnya berkas peserta yang lolos akan diperiksa oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebelum diputuskan oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK) dalam hal ini bupati. “ Pada 2 Agustus nanti kami akan bawa berkas ke KASN,” ungkap Sugatra, Selasa (31/7).

Dikatakan, setelah ketiga berkas diperiksa untuk diverifikasi sesuai aturan, jika KASN mengatakan tidak ada kepentingan konflik maka ketiga berkas tersebut akan direkomendasikan ke PPK. Selanjutnya PPK yang memilih salah satu. “PPK dalam artian bupati, keputusan tetap ada di bupati. PP Nomor 11 tentang Manajemen ASN, keputusan memang ada di PPK,” tegasnya.

Sugatra menjelaskan, selama diverifikasi oleh KASN jika KASN memandang ada proses yang tidak benar sejak pendaftaran hingga penilaian, KASN mempunyai kewenangan menggagalkan pencalonan tiga orang yang lolos seleksi. Apabila ada maka akan dilakukan pansel ulang. “Ini biasa saja terjadi, karena KASN punya kewenangan,” tutur Sugatra.

Disinggung apakah sudah ada orang yang mengerucut mendapatkan posisi di eselon II B tersebut? Sugatra mengatakan tidak ada. Sebab peserta yang lolos sudah sesuai tes dan aturan. “Tidak ada mengerucut, hasil nanti sesuai dengan mekanisme dan proses pansel,” katanya.

Sebelumnya ada enam pejabat eselon III A yang ikut seleksi untuk posisi Kadis Ketahanan Pangan Tabanan. Tiga orang terdepak yakni I Gusti Putu Ekayana yang menjabat Kabag Ekonomi Setda Tabanan, I Made Abdi Sucipta kini menjabat Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan I Ketut Suardana yang kini menjabat Sekretaris Dinas Perindag Tabanan. *d

Komentar