nusabali

Tabanan Raih Juara Umum Tenaga Kesehatan Terbaik Se-Bali

  • www.nusabali.com-tabanan-raih-juara-umum-tenaga-kesehatan-terbaik-se-bali

Kabupaten Tabanan meraih juara umum Tenaga Kesehatan Teladan Terbaik se-Provinsi Bali tahun 2018.

TABANAN, NusaBali

Tabanan meraih juara I di kategori Dokter Umum, Keperawatan, dan Kesling. Juga meraih juara II, III, IV, VI di kategori lainnya. Untuk itu, Tabanan akan diberikan penghargaan di tingkat nasional di Jakarta. Hal tersebut terungkap saat Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima audiensi Dinas Kesehatan, Selasa (31/7), di ruang kerjanya. Hadir dalam audiensi tersebut Kepala Dinas Kesehatan Tabanan I Nyoman Suratmika dan para tenaga kesehatan Tabanan.

Nyoman Suratmika mengungkapkan keberhasilan tenaga kesehatan teladan Tabanan di Provinsi Bali merupakan hasil kerja keras mereka yang telah membuat inovasi-inovasi hebat. Inovasi tersebut di antaranya di Kategori Dokter Umum oleh dr Wayan Arya Putra Manuaba di Puskesmas Selemadeg Barat mengeluarkan inovasi SEPPAMA (Sistem Manajemen dan Keluarga Sehati Teleregistrasi dan Telekonsultasi).

“Inovasi lainnya antara lain; Inovasi RAPIKELER (Ramuan Pijat Keperawatan Komplementer) yang diraih Puskesmas Selemadeg Barat di Kategori Bidan oleh Ns I Made Wikantra dan SELAI SALAK (Sehat Mulai dari Sanitasi Layak) di  kategori Kesling oleh Ketut Sulastri. Ketiga inovasi tersebut meraih juara I di tingkat provinsi,” ungkapnya.

Tabanan juga meraih juara II di kategori Promkes dengan inovasi BER-ROK-RAPI (Berhenti Merokok dengan Ramuan dan Pijat), Juara III dalam kategori Farmasi dengan inovasi Stiker Penanda ED dan Pelayanan Informasi Obat Melalui IT. Kategori Analis dengan inovasi Skrining Pemeriksaan Darah HIV pada Suami Ibu Hamil, kategori bidan dengan inovasi Kader Telinga Mas dan Sidamil (Sistem Informasi Data Ibu Hamil). Juara IV di kategori Gizi, dan juara VI di kategori dokter gigi.

“Atas prestasi dan inovasi tersebut, Tenaga Kesehatan Teladan Tabanan akan diundang ke Jakarta untuk mendapatkan penghargaan pada 15 hingga 21 Agustus 2018. Kami berharap dukungan Pemkab Tabanan,” imbuh Suratmika.  Bupati Eka mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh para tenaga kesehatan Tabanan, serta berharap inovasi ini dapat diadopsi oleh puskesmas lainnya.

“Ini merupakan prestasi yang sangat baik, yang akan membawa dampak baik dan nama baik Tabanan. Semoga inovasi-inovasi yang dikeluarkan bisa diadopsi dan dimanfaatkan oleh puskesmas lain baik di Tabanan dan juga Provinsi Bali,” ungkapnya. *d

Komentar