nusabali

Jokowi Makan Siang Bareng Ketum PSI, PKPI, Perindo di Istana

  • www.nusabali.com-jokowi-makan-siang-bareng-ketum-psi-pkpi-perindo-di-istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang tiga ketua umum (ketum) parpol nonpemerintahan pendukungnya, yakni PSI, PKPI, dan Perindo, ke Istana Bogor, Sabtu (28/7) siang.

BOGOR, NusaBali
Jokowi sekaligus menjamu mereka di acara makan siang. Tiga ketum yang diundang Jokowi adalah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie, Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Diaz Hendropriyono, dan Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo.

Jokowi duduk di bangku tengah, Grace duduk di samping Diaz, dan Hary Tanoe di depannya. Hidangan makanan dan minuman sudah tersaji di atas meja. “Kami menikmati nasi soto daging, omelet kerang dan jamur, rempeyek kacang, dan jus buah seraya mengobrol santai di teras Istana Bogor,” tutur Jokowi dalam akun Instagramnya.

“Orang-orang muda kini berada di level atas kepemimpinan partai. Mereka membawa pikiran, semangat dan kegairahan baru di dunia politik kita,” ujar Jokowi di akun tersebut. “Dari mereka, saya banyak mendengar informasi tentang bangsa dan negara dari sudut pandang politisi muda,” tutur Jokowi.

Dalam pertemuan yang berlangsung 1,5 jam itu, Grace mengatakan ada sejumlah topik yang dibahas.  “Kami sempat berbicara juga tentang pendamping ideal beliau lima tahun ke depan. Belum ada nama yang definitif, tapi sudah mengerucut ke beberapa nama saja. Semoga dalam waktu tidak lama lagi Pak Jokowi dapat mengambil keputusan siapa pendampingnya itu,” ujar Grace dalam keterangannya seperti dilansir detikcom, Sabtu (28/7).

Selain itu, topik pembahasan menyinggung arah pembangunan bangsa Indonesia. Begitu juga evaluasi untuk pembangunan negeri. Grace menyatakan terkesan pada sosok Jokowi. “Senang bertemu dengan Pak Presiden. Beliau tampil sederhana. Cerah, kelihatan sangat sehat, dan saya menangkap aura optimisme dan kemenangan di wajah beliau,” ucap Grace.

Jokowi sebelumnya sudah lebih dulu menggelar pertemuan dengan ketua umum partai koalisi, yakni Golkar, NasDem, PDI Perjuangan, Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pertemuan berbalut jamuan makan malam itu juga berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, pada Senin (23/7) malam.

Enam pimpinan partai itu ialah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Dalam pertemuan itu, keenam petinggi partai politik sepakat untuk solid mendukung Jokowi. Mereka juga sepakat menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi untuk menentukan hari baik pendaftaran calon presiden pada hari-hari terakhir pendaftaran pilpres, yaitu 4-10 Agustus 2018, dan menyesuaikan juga dengan kesibukan tugas-tugas negara yang diemban Jokowi. *

Komentar