nusabali

Anggota Komisi X DPR RI Sosialisasi 4 Pilar

  • www.nusabali.com-anggota-komisi-x-dpr-ri-sosialisasi-4-pilar

Dorong Karang Taruna Kampanyekan Asian Games 2018

DENPASAR, NusaBali
Anggota Komisi X DPR/MPR RI, Putu Supadma Rudana yang membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, seni, budaya perpustakaan dan ekonomi kreatif memompa semangat kebangsaan generasi muda di Provinsi Bali dalam sosialisasi 4 pilar di Hotel Inna Heritage Denpasar, Selasa (24/7). Supadma meminta generasi muda (Karang Taruna) turut ambil bagian dalam membangkitkan rasa kebangsaan dengan kampanyekan pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Sosialisasi 4 pilar (Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Replublik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika) oleh anggota Komisi X DPR RI, Supadma Rudana diikuti 150 kalangan generasi muda dari kalangan kampus dan anggota Karang Taruna di Provinsi Bali. Sosialisasi 4 pilar tersebut terkait dengan kegiatan penguatan nilai kebangsaan di akar rumput oleh wakil rakyat Senayan di daerah pemilihan.

Supadma di hadapan 150 kalangan generasi muda mengungkapkan 4 pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara selalu disosialisasikan oleh kalangan MPR RI/DPR RI dari waktu ke waktu. Hal tersebut sangat penting karena 4 pilar ini sebagai benteng masuknya paham-paham negatif yang mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kata Supadma dalam keseharian 4 pilar tidak semata-mata sebuah pemahaman saja. Namun harus menjadi praktik nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kalau pemahaman tentang 4 pilar dalam berbangsa dan bernegara ini mungkin hampir seluruh komponen bangsa sudah mengerti, namun dalam praktek kehidupan kita sehari-hari mungkin belum semua, jadi penting dorongan untuk mewujudkan pelaksanaan 4 pilar itu. Kita mulai dari akar rumput. Saya sendiri memulai dari daerah-daerah, memulai dari generasi muda kita,” ujar politisi asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar ini.

Wasekjen DPP Demokrat ini menegaskan salah satu praktek pelaksanaan 4 pilar itu menyangkut bela negara, membangkitkan rasa persatuan dan rasa memiliki. Salah satunya pada ajang Asian Games 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumah, para generasi muda harus tampil sebagai motivator bagi pejuang (atlet) yang berlaga mengharumkan nama bangsa dan negara. *nat

Komentar