nusabali

Pejabat Buleleng Dirombak

  • www.nusabali.com-pejabat-buleleng-dirombak

Setelah berulangkali jadi wacana, kocok ulang pejabat di lingkungan Pemkab Buleleng akhirnya dieksekusi kemarin.

228 Pejabat Dilantik dan Harus Bekerja dengan ‘Hati’


SINGARAJA,NusaBali
Gerbong mutasi di Lingkup Pemkab Buleleng akhirnya bergulir, Rabu (25/7). Sebanyak 228 pejabat dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, di Lobi Atiti Wisma, Kantor Bupati Buleleng, Jalan Pahlawan Singaraja, sekitar pukul 15.15 Wita. Dari jumlah tersebut, terdapat 7 pejabat eselon IIB, setingkat Kadis/Kaban yang dilantik di jabatan yang baru. Sedangkan sisanya merupakan pejabat eselon IIIA dan IIIB setingkat Kabid dan Camat, sebanyak 58 orang, dan selebihnya merupakan pejabat eselon IVA, setingkat Kasubag.

Untuk tujuh pejabat Eselon IIB, masing-masing, I Putu Ariadi Pribadi yang semula menjabat Camat Gerokgak, kini menduduki posisi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DHL). Ariadi Pribadi merupakan peserta seleksi dalam lelang jabatan Kepala DHL, peraih nilai tertinggi. Kemudian ada nama I Putu Tastra Wijaya, yang tadinya menjabat Kepala Dinas Kebudayaan, kini kembali masuk ‘dok’ menjadi Staf Ahli Bupati. Posisi Kadis Kebudayaan kini dijabat oleh Gede Komang, yang semula menjabat Kepala Dinas Sosial. Jabatan Kadis Sosial dipercayakan kepada I Gede Sandhiyasa, yang semula menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Posisi Kepala DPMD dipercayakan kepada I Made Subur, yang geser dari jabatan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Posisi Kepala Pelaksana BPBD dipercayakan kepada Ida Bagus Suadnyana, yang digeser dari jabatan Kepala Satpol PP. Kemudian jabatan Kepala Satpol PP dipercayakan kepada I Putu Dana, yang digeser dari Kepala Kesbangpol.

Posisi Kasebangpol, masih dibiarkan kosong, karena akan diisi melalui proses lelang jabatan. Untuk sementara jabatan Kasebangpol dipercayakan kepada Komang Sumerta Jaya selaku Plt. Komang Sumerta Jaya merupakan Camat Kubutambahan yang posisinya digeser sebagai Sekretaris Kesbangpol merangkap Plt. Kini posisi Camat Kubutambahan dipercayakan kepada Made Suyasa, yang digeser dari jabatan Sekretaris Kantor Arsip dan Perpustakaan. Made Suyasa merupakan mantan Camat Kubutambahan di masa kepemimpinan Bupati Putu Bagiada.

Selain Camat Kubutambahan, Camat Gerokgak yang ditinggal Ariadi Pribadi menjabat Kadis LH, kini dipercayakan kepada Made Juartawan, Kasubag Pemerintahan dan Administrasi di Bagian Pemerintahan Setda Buleleng.

Bupati Agus Suradnyana dalam sambutannya melontarkan pernyataan yang simpel namun penuh makna. Pernyataan itu, agar Pemerintahan Kabupaten Buleleng ada di hati semua PNS. “Saya minta, bagaimana Pemerintahan Kabupaten Buleleng ini, ada di setiap hati saudara-saudara. Demi Buleleng yang lebih berkembang,” katanya.

Usai pelantikan, Bupati Agus Suradnyana mengakui kalau pernyataan itu memiliki makna yang mendalam. Dijelaskan, semua PNS di Pemkab Buleleng harus bekerja, bertanggungjawab, sehingga hasil pekerjaan itu dapat dipersembahkan untuk Buleleng yang lebih maju. Agus Suradnyana nyakin, Buleleng akan mengalami perkembangan yang sangat pesat, karena beberapa program telah dicanangkan untuk menghapus kesenjangan ekonomi Bali Selatan dan Bali Utara.

Salah satu program itu adalah pembangunan ruas jalan Batas Kota Singaraja-Mengwitani segera diwujudkan. “Artinya ke depan Buleleng akan sangat dinamis di semua sektor. Tentu ini harus disikapi dengan cermat dan matang oleh semua pejabat. Bagaimana memanfaatkan perkembangan itu untuk Buleleng,” jelasnya.

Sementara Ariadi Pribadi, yang telah dilantik sebagai Kadis LH mengaku siap mengemban tugas dan tanggungjawabnya, terutama mengurus sampah. Ia pun sudah mempersiapkan program kerja dalam pengelolaan sampah tersebut. “Sesuai hasil assesment, saya akan mulai terapkan program pengetatan jadwal pengambilan sampah, dengan mengoptimalkan petugas kebersihan dan penambahan sarana dan prasana. Kemudian mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan partipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah,” terangnya. *k19

Komentar