nusabali

Disodori Nama Cawapres, Jokowi Terkejut

  • www.nusabali.com-disodori-nama-cawapres-jokowi-terkejut

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama 6 ketum parpol telah menyepakati satu nama cawapres.

JAKARTA, NusaBali
Ketum Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) mengatakan Jokowi sempat kaget saat para ketum menyodorkan satu nama cawapres. "Lho, dia langsung terkejut," kata OSO di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/7). Meski terkejut, Jokowi menerima nama yang disodorkan para ketum. Hal itu, sebut OSO, terlihat dari gestur dan tawa Jokowi. "Langsung dia hi-hi-hi...," ujar OSO sambil menirukan gaya Jokowi tertawa dengan menaik-turunkan pundak.

"Ya, kalau sudah begitu berarti dia terima," imbuhnya. Namun OSO enggan membocorkan nama cawapres Jokowi itu. Soal itu diserahkan para ketum parpol kepada Jokowi untuk mengumumkannya di saat yang tepat. "Kita menunjuk satu orang saja wakilnya. Satu orang ini kita serahkan kepada Pak Jokowi ya, begitulah ceritanya," ucapnya.

Kesepakatan terjadi di Istana Bogor, Senin (23/7) tadi malam. Seluruh ketum parpol parlemen makan malam dengan Jokowi di Istana Bogor. Namun di saat yang sama, PDIP melemparkan pujian untuk Jusuf Kalla (JK), yang saat ini menjabat wapres.

"Karena pengalaman dan kematangan beliau, maka terkait siapa yang akan mendampingi Pak Jokowi, kami meyakini bahwa Pak Jokowi dan Ibu Megawati Soekarnoputri (Ketum PDIP) yang intens berkomunikasi dengan Pak JK akan menempatkan Pak JK sebagai tokoh penting untuk memberikan masukan," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Selasa kemarin.

Hasto menjelaskan JK punya pengalaman yang mumpuni untuk memberikan masukan kepada Jokowi. Hal itu terbukti selama JK mendampingi Jokowi pada periode 2014-2019 ini.

Sementara itu, terkait nama cawapres, Hasto mengatakan Jokowi akan mengumumkannya pada waktu yang tepat. Itu sudah merupakan kesepakatan di antara 6 ketum parpol pendukung Jokowi. "Seluruh ketua umum partai politik pengusung Pak Jokowi sudah sepakat bahwa nama cawapres akan diumumkan oleh Presiden Jokowi pada momentum yang tepat," tegas Hasto. *

Komentar