nusabali

Ronaldo, Juve, dan Ironi Sepakbola Italia

  • www.nusabali.com-ronaldo-juve-dan-ironi-sepakbola-italia

Juventus mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid! Begitu judul utama media massa di seluruh dunia.

TURIN, NusaBali
Sebuah kabar yang mengejutkan publik, karena sang pemain adalah bintang dalam sekitar satu dasa warsa tahun terakhir. Harga fantastis disodorkan Juventus kepada Madrid. Dikutip dari Marca, CR7 dibanderol 112 juta euro atau setara Rp 1,88 triliun. Mmanajemen Juve juga sepakat membayar gaji Ronaldo dengan jumlah besar, yakni 30 juta euro (Rp 505 miliar) per musim.

Mengutip Football Italia, apa yang dilakukan Juventus ini sangat kontras dengan kondisi industri sepakbola Negeri Pizza saat ini. Sejak 2002, kebangkrutan klub menjadi penyakit menular. Fiorentina jadi tim pertama yang mengalami kebangkrutan. Lalu, secara bergilir setidaknya ada 153 klub yang menghadapi masalah serupa.

Saat ini sepakbola Italia jadi sorotan publik dalam negeri. Pada pekan ini, ada dua klub terpaksa dicoret dari daftar peserta Serie B, yakni Bari dan Cesena. Keduanya dinyatakan bangkrut dan harus turun kasta ke Serie D.

Banyak klub juga diketahui mengalami masalah keuangan, salah satunya  AC Milan. Musim lalu mereka kedatangan pengusaha asal China. Namun baru setahun berjalan upaya yang dilakukan tak menemui hasil positif. Alhasil, UEFA mencoret mereka dari keikutsertaan di Liga Europa.

Meski beberapa klub bangkrut, Juventus tetap mengejar ambisi untuk meraih trofi Liga Champions.  Setelah Ronaldo, juga dikhabarkan Juve merekrut Zinedine Zidane, yang pernah bermain di Juve pada 1996-2001.  Menurut Marca, rumor itu dihembuskan media Libertad Digital, merujuk pada klaim jurnalis Juanma Rodriguez.

Zidane kembali ke Bianconeri, usai pergi 17 tahun, untuk menjadi penasihat dari Direktur Olahraga Juventus Fabio Paratici. Football Italia menyebut, Rodriguez mengklaim informasi itu didapatnya dari "seseorang yang sangat dekat dengan keluarga Agnelli (pemiliki Juve)". Zidane resmi menempati posisinya pada Oktober 2018.

Sementara gelandang Juve dan tim nasional Prancis, Blaise Matuidi, optimistis dengan ambisi merebut Liga Champions musim ini.  Menurut Matuidi, Juventus akan tambah kuat setelah kehadiran Ronaldo.

"Kedatangan Cristiano Ronaldo adalah berita bagus, itu akan membantu kami meningkatkan kekuatan dan permainan terbaik kami," kata Matuidi, dikutip La Gazzetta dello Sport. Matuidi juga menegaskan bahwa kekuatan ruang ganti akan bertambah mewah karena ada pemain terbaik dunia yang dikolaborasikan dengan salah satu pemain yang menjadi kampiun Piala Dunia 2018. *

Komentar