nusabali

Mental Prancis Luar Biasa

  • www.nusabali.com-mental-prancis-luar-biasa

Kami menunjukkan kualitas mental. Kami mencetak empat gol, mereka layak menang.

MOSKOW, NusaBali
Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia 2018. Les Blues, julukan Prancis, menang 4-2 atas Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7) malam WITA. Pelatih Didier Deschamps menilai pemainnya memiliki mental bertanding luar biasa.

Empat gol Prancis dicetak Mario Mandzukic (gol bunuh diri), Antoine Griezmann, Paul Pogba, dan Kylian Mbappe. Adapun dua gol balasan Kroasia dicetak Ivan Rakitic dan Mario Mandzukic.

Di ajang empat tahunan ini, Prancis membawa banyak pemain muda. Mbappe menjadi pemain termuda yang berada di skuat Prancis dengan usia 19 tahun.

"Luar biasa! Ini tim muda, yang sekarang di puncak dunia. Beberapa pemain juara masih 19 tahun," ujar Deschamps, dikutip Goal.

"Kami tidak memainkan laga yang besar, tapi kami menunjukkan kualitas mental. Kami mencetak empat gol, mereka layak menang. Prancis sudah bekerja sangat keras dan kami memiliki beberapa momen sulit," kata Deschamps.

Deschamps pun melanjutkan, kemenangan Paul Pogba dkk setelah belajar dari kekalahan di Piala Eropa 2016. Ketika itu, Prancis kalah 0-1 dari Portugal di partai puncak.

"Sangat menyakitkan saat Prancis kalah di Piala Eropa, dua tahun lalu. Tapi itu menjadi pelajaran bagi kami untuk maju," ucap pelatih 49 tahun itu.

"Kemenangan ini bukan tentang saya, tapi para pemain yang memenangi laga. Selama 55 hari, kami melakukan banyak pekerjaan. Ini penobatan tertinggi. Kami bangga sebagai Prancis. Kemenangan ini milik mereka. Vive la Republique!"

Deschamps menyamai prestasi Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer setelah membawa timnya menjuarai Piala Dunia 2018. Deschamps menjadi orang ketiga yang merengkuh trofi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

Sebelum membawa Prancis juara Piala Dunia 2018, Deschamps pernah meraih trofi Piala Dunia 1998, usai Prancis mengalahkan Brasil 3-0 di final. Deschamps saat itu sebagai kapten Les Bleus.

Zagallo jadi orang pertama sebagai pemain dan pelatih yang meraih Piala Dunia. Ia membawa Brasil juara pada 1958 dan 1962 (pemain) dan 1970 (pelatih).  Franz Beckenbauer Piala Dunia 1974 (pemain) dan Piala Dunia 1990 (pelatih). *

Komentar