nusabali

BUMN Prancis Bangun Sirkuit Jalanan di Mandalika

  • www.nusabali.com-bumn-prancis-bangun-sirkuit-jalanan-di-mandalika

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah sepakat dengan BUMN asal Prancis Vinci Construction Grand Project untuk membangun 160 hektar (ha) lahan di Mandalika, Lombok

JAKARTA, NusaBali
Di lahan yang cukup luas tersebut, Vinci akan mengembangkan berbagai fasilitas mulai dari resort hingga sirkuit balap.  Direktur Utama ITDC Abdulbar, M Mansoer menuturkan, konsep yang akan dikerjakan Vinci adalah sirkuit yang bergaya street race layaknya sirkuit di Monaco dan Singapura.

"Itu bukan sirkuit tertutup, jadi jalanan kawasan kita, street race, seperti di Singapura dan Monaco. Kalau tertutup itu nanti tidak akan efisien, karena kita tidak usah bikin macam-macam, bikin saja tempat duduk dan pembatas jalan dan jalan itu kalau tidak dipakai ya jadi jalan kawasan," kata Abdulbar dikutip Liputan6.com, Minggu (15/7).

Ia menuturkan, Vinci telah menganggarkan sekitar Rp 14 triliun untuk mengembangkan kawasan 160 ha tersebut termasuk sirkuitnya. Rencana pengembangan sendiri mencapai 10 tahun. Khusus untuk sirkuit MotoGP ini, direncanakan bisa terbangun pada 2021 sesuai dengan pengembangan kawasan Mandalika tahap 1.

Dia memperhitungkan jika 2021 sirkuit MotoGP rampung mampu menarik wisatawan mancanegara dan domestik lebih dari 120 ribu dalam sekali penyelenggaraan MotoGP. "Kalau kawasan kita ditargetkan bisa mampu menarik kunjungan wiisatawan 2 juta per tahunnya. Nusa Dua itu hanya 900 ribu di 2017," ujar dia.

ITDC menyatakan anggaran untuk pengembangan Kawasan Mandalika seluas 1.100 hektar (ha) kembali meningkat jika dibandingkan alokasi tahun lalu.  "Kita tahun lalu sudah keluarkan Rp 500 miliar, sementara tahun ini Rp 700 miliar. Tahun besok mungkin di atas Rp 1 triliun," ucap Abdulbar.

Anggaran ini didapatkan perusahaan dari Penyertaan Modal Negara (PMN). Namun selain itu perusahaan juga menggunakan dana internal. Padahal dalam grand design pengembangan Mandalika memutuhkan anggaran sekitar Rp 4,5 triliun. ITDC memiliki kewajiban untuk membangun infrastruktur dasar seperti diantaranya jalan raya, fasilitas umum, penerangan, penataan pantai yang berada di Mandalika dan sanitasi.*

loading...

Komentar