nusabali

DPRD Usulkan Pembukaan Jalan Menuju Pantai Atuh

  • www.nusabali.com-dprd-usulkan-pembukaan-jalan-menuju-pantai-atuh

Pantai Atuh, di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, merupakan salah satu destinasi pariwisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

SEMARAPURA, NusaBali
Selain panorama alam yang masih asri juga terdapat batu karang yang berbentuk unik.  Hanya saja akses jalan menuju pantai ini cukup jauh dengan menuruni anak tangga hingga 150 meter. Jika diakses oleh pengunjung yang masih muda dan enerjik, tentu lebih mudah. Namun pengunjung yang sudah berusia lanjut tentu untuk menuruni anak tangga, masih berat. Persoalan ini mendapat perhatian anggota DPRD Klungkung. DPRD mendorong pembukaan jalan agar pengunjung bisa langsung masuk ke areal Pantai Atuh menggunakan kendaraan.

Anggota DPRD Klungkung I Made Jana mengatakan, terkait dengan potensi pariwisata Pantai Atuh yang saat ini trennya semakin naik, itu perlu ada terobosan dari pemerintah. Khususnya dari Dinas Pariwisata dan Dinas PU untuk infrastruktur akses lebih layak ke arah pantai. Sehingga bisa diakses oleh berbagai kalangan. ‘’Dengan kondisi geografis kini, meskipun dibuatkan tangga, itu bukan solusi," ujarnya, Jumat (13/7).

Kata politisi Demokrat asal Nusa Penida ini, akses jalan itu bisa dibuka melewati Dusun Karang, Desa Pejukutan. Bahkan masyarakat sekitar sangat kooperatif untuk tanahnya digunakan sebagai jalan. Jalan yang dibuka bisa mencapai lebar hingga delapan meter. "Memang akan melewati beberapa tebing tapi secara teknis saya yakini itu bisa. Pantai Pandawa (Jimbaran, Badung) kan bisa, ini tidak sepanjang pantai pandawa mungkin 150 - 200 meter saja," ujarnya.

Disebutkan dari Dinas Pariwisata (Diapar) sudah turun ke masyarakat untuk menginventarisasi potensi itu. Namun dari pihak Dispar masih belum bawa presentasi itu ke dewan. "Barangkali saya akan jemput bola, saya akan ketemu dengan pejabat terkait untuk mendiskusikan masalah ini, apa yang terbaik bagi masyakat Klungkung itu yang akan kita lakukan," katanya. *wan

Komentar