nusabali

Kroasia Siap Cetak Sejarah

  • www.nusabali.com-kroasia-siap-cetak-sejarah

Sudah jadi rahasia umum, energi paling mujarab bagi manusia bukanlah kekuatan fisik, tapi kekuatan kehendak.

MOSKOW, NusaBali
Kroasia berpeluang mencatat sejarah baru jika berhasil mengalahkan Prancis di final Piala Dunia 2018 Rusia, Minggu (15/7), pukul 22.00 WITA. Sebab pada umumnya dibutuhkan tujuh kemenangan untuk menjuarai Piala Dunia.

Namun Kroasia selalu bermain 120 menit sejak fase gugur. Berarti tim Vatreni sudah tiga kali mereka bermain 30 menit ekstra, yang setara dengan 90 menit alias satu pertandingan penuh. Jumlah menit itu setara dengan ‘delapan pertandingan’.

Jika juara, Kroasia juga akan mencatat sejarah baru dan menambah jumlah negara yang pernah menjuarai Piala Dunia. Selain itu, juga menegaskan siklus setiap 20 tahun muncul juara baru Piala Dunia. Brasil menjadi juara baru pada 1958, lalu Argentina pada 1978, dan  Prancis pada 1998. Lalu kini 2018 ?

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengakui bermain selama 120 menit dalam tiga pertandingan beruntung bukanlah hal mudah. Tetapi di saat yang sama kondisi itu menyebabkan timnya lebih bersemangat untuk tampil sebaik mungkin dan meraih kemenangan.

"Kami bisa saja menjadi satu-satunya tim yang menjadi juara setelah memainkan jumlah pertandingan ekuivalen dengan delapan laga. Itu sangat sulit untuk pemain kami," ujar Dalic di diario as.

"Namun semakin sulit, maka kami bisa tampil lebih baik, kami tak punya rasa takut. Saya yakin kami akan pulih dan baik-baik saja, ini adalah final Piala Dunia, tidak ada alasan,”kata Dalic.

Dalic pun menyebutkan, sudah menjadi rahasia umum bahwa energi yang paling mujarab bagi manusia bukanlah kekuatan fisik, melainkan kekuatan kehendak. Itulah yang ditampilkan para pemain Kroasia. Mereka selalu tertinggal lebih dulu di laga-laga fase gugur, tetapi pada akhirnya mereka menang setelah bermain lebih dari 90 menit.

"Kami akan sangat siap karena ini adalah kesempatan sekali seumur hidup. Laga ini akan sangat sulit tetapi saya yakin kami akan menemukan semua energi dan motivasi yang kami butuhkan.

Tak hanya itu, para pemain Kroasia juga mendapat motivasi ekstra untuk membuat warga negaranya berbangga diri jika berhasil meraih gelar juara. Kroasia adalah salah satu negara terkecil yang pernah bermain di final Piala Dunia. *

loading...

Komentar