nusabali

Bupati Serahkan Dana Upakara Rp 1,2 Miliar

  • www.nusabali.com-bupati-serahkan-dana-upakara-rp-12-miliar

Hadiri Karya Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Cengkok

MANGUPURA, NusaBali
Tilem Kasa pada Wraspati Pon Krulut, Kamis (12/7), Bupati I Nyoman Giri Prasta didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Satria menghadiri Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem, Banjar Cengkok, Desa Adat Cengkok, Desa Baha, Kecamatan Mengwi. Karya ini merupakan rangkaian Mamungkah, Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Padudusan Agung Menawa Ratna medasar Tawur Balik Sumpah Uttama di Pura Dalem, Desa Adat Cengkok yang puncaknya pada 18 Juli mendatang. Guna mendukung karya tersebut, Bupati menyerahkan bantuan dana upakara secara simbolis sebesar Rp 1,2 miliar.

Bupati Giri Prasta menyampaikan terima kasih atas terlaksananya karya agung di Pura Dalem Desa Adat Cengkok. Hal ini sangat sejalan dengan prioritas pembangunan di Badung dalam upaya melestarikan seni, adat, agama, tradisi, dan budaya yang berlandaskan Tri Hita Karana. Hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat, sebagai bukti bahwa pemerintah membantu meringankan beban masyarakat seperti pembangunan pura maupun bantuan dana upakara, sehingga masyarakat tidak lagi mengeluarkan urunan maupun peson-peson dana.

Bupati akan memback-up rencana pembangunan Pura Desa dan Puseh Desa Adat Cengkok hingga tuntas. Untuk itu, Bupati mengajak krama Cengkok tetap bersatu dan meningkatkan rasa segilik, seguluk, seluwung-luwung sebayantaka.

Panitia Karya I Nyoman Rana melaporkan karya agung ini dilaksanakan serangkaian telah selesainya pembangunan pura dalam yang telah rampung 5 tahun lalu. “Karya ini telah kami rencanakan tiga tahun lalu. Kami matur suksma kepada Bapak Bupati Badung yang telah membantu karya ini sebesar Rp 1,2 miliar,” jelasnya.

Selain pembangunan pura, krama Cengkok juga nangiang tapakan barong ket yang sempat hilang 15 tahun lalu. Nangiang tapakan ida bhatara, merupakan bantuan Penglingsir Puri Ubud. Ditambahkan, krama desa adat Cengkok berjumlah 15 sepaon, 44 KK dengan jumlah penduduk sebanyak 225 jiwa. Rencananya krama akan melanjutkan pembangunan di Pura Desa lan Puseh. Untuk itu pihaknya akan kembali memohon bantuan kepada Pemkab Badung. *asa

Komentar