nusabali

Wabup Suiasa Mendem Pedagingan di Pelinggih Padmasana

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-mendem-pedagingan-di-pelinggih-padmasana

Melaspas Palinggih Pura Dalem Maspahit Blahkiuh

MANGUPURA, NusaBali
Krama pangempon Pura Dalem Maspahit, Banjar Ulapan 2, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal menggelar karya melaspas guna menyucikan bangunan pelinggih yang selesai dibangun. Upacara melaspas yang bertepatan dengan piodalan tersebut dipuput Ida Pedanda Griya Carangsari.

Upacara dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi anggota DPRD Badung Ida Bagus Sunartha pada Soma Kliwon Krulut, Senin (9/7). Pada kesempatan itu Wabup Suiasa mendem pedagingan di palinggih padmasana dan sembahyang bersama. Wabup Suiasa juga menyerahkan bantuan sebesar Rp 15 juta.

Penitia Pembangunan I Nyoman Gama menjelaskan, pembangunan palinggih dan sejumlah bangunan di Pura Dalem Maspahit ini atas bantuan hibah Bupati Badung tahun anggaran 2017 sebesar Rp 1 miliar. Pembangunan meliputi padmasana, gedong pelinggihan ida bhatara, pesimpangan Gunung Agung meru tumpang tiga, pesimpangan rambut siwi, peliangan, pemedalan agung, dan pelinggih apit lawang di jaba.

“Rencananya kami akan melanjutkan pembangunan di jaba pura, seperti, candi bentar, bale kulkul, panyengker, bale gong, serta penataan pelataran pura. Untuk itu kami pangempon pura yang berjumlah 27 pengarep, dan 346 krama akan kembali memohon bantuan kepada bapak bupati sehingga pembangunan Pura Maspahit dapat tuntas,” jelasnya.

“Kami Pemkab Badung siap membantu meringankan beban masyarakat, terlebih untuk pembangunan pura. Karena sudah menjadi komitmen kami dalam melestarikan seni, adat, agama, dan budaya di Kabupaten Badung,” tutur Wabup Suiasa. *asa

Komentar