nusabali

Hasil SBMPTN Diumumkan Jam 18.00 Wita

  • www.nusabali.com-hasil-sbmptn-diumumkan-jam-1800-wita

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan diumumkan pada Selasa (3/7) hari ini pukul17.00 WIB atau 18.00 Wita.

SLEMAN, NusaBali
Menristek-dikti, M Nasir menyatakan pelaksanaan SBMPTN berlangsung lancar dan baik, sesuai yang diharapkan. "SBMPTN sudah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan nanti pada tanggal 3 (Juli) itu akan menghasilkan penerimaan yang terbaik," kata Nasir seusai menjadi keynote speaker di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo MM FEB UGM, Sleman, Senin (2/7) seperti dilansir detik.

Nasir mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa yang akan dinyatakan lolos dalam pengumuman hari ini. Namun, dia meminta kepada mereka belum lolos untuk tidak berkecil hati, karena masih ada kesempatan lain.

"Karena belum ada pengumuman mungkin saya hanya mengucapkan (selamat) bagi yang diterima besok itu. Selamat lah saya ucapkan bagi mereka yang sukses masuk di perguruan tinggi negeri pilihan mereka," ucapnya.

"Bagi yang belum jangan khawatir, masih banyak perguruan tinggi yang memberikan peluang untuk penerimaan mahasiswa barunya," lanjutnya. Sebagaimana diketahui, pelaksanaan SBMPTN 2018 telah selesai digelar. Terdapat 860.001 peserta yang memperebutkan 135 ribu kursi PTN yang ada di seluruh Indonesia.

Adapun ujian SBMPTN digelar serentak pada tanggal 8 Mei lalu. Sistem ujiannya dibagi menjadi dua, yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) diikuti 833.820 orang dan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) diikuti 26.181 orang.

Kepada mereka yang gagal masih ada peluang untuk kuliah di perguruan tinggi negeri favorit melalui jalur lain. Di Unair Surabaya misalnya, peserta yang gagal SBMPTN bisa mencoba jalur mandiri. "Jadi peserta tinggal mendaftar, lalu nilai SBMPTN-nya dimasukkan," kata humas Unair Suko Widodo saat dikonfirmasi detik.

Adapun pendaftaran seleksi mandiri Unair tercantum dalam situs resmi kampus tersebut. Suko menyebutkan biaya pendaftaran untuk jurusan IPA ataupun IPS adalah Rp 300.000, sedangkan untuk IPC adalah Rp 500.000.

"Setelah melakukan pendaftaran secara online, kemudian kami verifikasi. Setelah itu membayar sesuai jalur yang kami berikan. Setelah itu kami yang akan mengakses nilai peserta ke pusat," papar Suko.

Pihak Unair yang akan mengakses data nilai peserta ke panitia SBMPTN di tingkat pusat. Peserta tetap tidak mengetahui berapa nilai SBMPTN-nya, kata Suko. Pengumuman seleksi mandiri Unair tanggal 19 Juli 2018. *

Komentar