nusabali

Pohon Beringin Timpa Dua Pura

  • www.nusabali.com-pohon-beringin-timpa-dua-pura

Sebuah pohon beringin tua menimpa candi bentar di Pura Dalem dan Pura Melanting, Banjar Adat Tengkulak Kaja, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Senin (14/3). 

GIANYAR, NusaBali
Pohon berusia ratusan tahun itu tumbang sekitar pukul 05.15 Wita, diketahui oleh warga yang tidak jauh dari lokasi pohon.

Informasi di lokasi, Kadus Tengkulak I Ketut Bawa, 44, yang rumahnya tidak jauh dari lokasi pohon itu. Ia mengaku sempat mendengar suara seperti pohon tumbang. Mendengar itu, ia keluar rumah untuk memastikan apa yang terjadi. Ternyata, pohon beringin di selatan Pura Melanting telah tumbang.

Beringin itu tumbang ke arah utara/barat sehingga batang dan ranting menutupi jalan raya. Bawa mengaku, pada empat hari lalu pihaknya telah memangkas ranting-ranting pohon beringin tersebut. Tujuannya, mengurangi beban pohon mengingat pohon tersebut sudah tua dan rapuh. 

Kejadian tersebut dilaporkan kepada Perbekel Desa Kemenuh Dewa Nyoman Neka, lanjut dikoordinasikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Gianyar. Petugas BPBD dibantu masyarakat, anggota Komaril, Polsek Sukawati dan pecalang setempat membersihkan tumbangan pohon beringin tersebut. 

Kepala BPBD Gianyar Anak Agung Gde Oka Digjaya mengatakan personelnya dibantu masyarakat, anggota Komaril, Polsek dan pecalang total 30 orang bergerak untuk menangani pohon beringin yang menimpa pura itu. Pohon tumbang ini mengakibatkan kerusakan satu candi bentar pura dengan kerugian sekitar Rp 50 juta.

Pada 2015 tercatat pohon tumbang 128 pohon,  dan sejak Januari - 14 Maret 2016 tercatat 44 pohon tumbang. “Tim BPDB siap siaga untuk menangani kejadian seperti ini,” ungkap Oka Digjaya. 7 cr62

Komentar