nusabali

Juarai MotoGP Belanda, Marquez Kian Menjauh

  • www.nusabali.com-juarai-motogp-belanda-marquez-kian-menjauh

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez kian kukuh di puncak klasemen sementara pembalap MotoGP 2018, setelah memenangi balapan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (1/7).

ASSEN, NusaBali
Sedangkan Maverick Vinales kini menempel ketat Valentino Rossi. Tambahan 25 poin dari Belanda membuat Marquez memimpin klasemen umum dengan 140 poin. Marquez unggul 41 poin dari Rossi, yang di MotoGP Belanda di posisi kelima. Sedangkan Vinales meraih 93 poin usai naik podium ketiga di Belanda. Jika sebelumnya Vinales terpaut 11 poin dengan Rossi, kini kedua pembalap hanya berselisih enam poin.

Posisi keempat tetap diisi pembalap Monster Yamaha Tech3, Johann Zarco, dengan 81 poin. Namun dia terpaut dua poin dari jagoan Ducati, Andrea Dovizioso.

Pembalap Suzuki, Alex Rins, yang finis kedua di Belanda, di posisi ke-11, dengan mengoleksi 53 poin, berselisih dua poin dari Jack Miller yang menempati posisi ke-10. Dengan hasil di MotoGP Belanda, Marquez jelas lebih diuntungkan dalam persaingan gelar juara dunia. Namun Rossi dan Vinales tetap patut diwaspadai.

Marquez menjadi kampiun pada balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen. Sedangkan Rins dan Vinales melengkapi podium MotoGP Belanda.  Marquez menyelesaikan balapan 26 lap ini dengan catatan waktu 41 menit 13,863 detik. Dia unggul 2,269 detik atas Rins di posisi kedua dan Vinales terpaut 2,308 detik dari Marquez di posisi tiga. Sedangkan Dovizioso, menyelesaikan balapan di posisi keempat. Dia unggul atas Rossi, Cal Crutchlow dan rekan setimnya, Jorge Lorenzo.  

Persaingan sengit terjadi pada awal balapan. Lorenzo, Marquez, Rossi dan Dovizioso bersaing ketat di grup depan. Lorenzo tampil luar biasa. Mengawali balapan dari grid ke-10, pembalap asal Spanyol itu sempat melesat ke depan. Pada lap keempat, Lorenzo dan Rossi nyaris terlibat tabrakan pada tikungan ke-13. Meski bersenggolan, kedua pembalap tetap dapat melanjutkan balapan. *

Komentar