nusabali

All New Ertiga Siap Ekspor ke 20 Negara

  • www.nusabali.com-all-new-ertiga-siap-ekspor-ke-20-negara

Indonesia bukan hanya menjadi lahan bagi produk otomotif dunia, namun kemampuan melakukan ekspor produk otomotif pun terus gencar dilakukan.

MANGUPURA, NusaBali
Terakhir adalah rencana PT Suzuki Indomobil Sales yang akan mengekspor All New Ertiga ke 20 negara."Rencananya pada September 2018, kami  siap memasuki negara-negara di kawasan Asia, Amerika Selatan, Oceania, dan Karibia," kata Head of Brand Development and Marketing Research 4W (Four Wheel) PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel di sela-sela ‘media test drive’  di Bali, Jumat  (29/6). Media test drive sendiri diikuti oleh puluhan media nasional dan regional dengan menjajal andalan baru Suzuki tersebut pada 27-29 Juni.

Harold  menjelaskan ekspor mobil yang diluncurkan pada April 2018 itu akan berlangsung sesuai tahun fiskal yakni hingga Maret 2019 dengan total mencapai 12 ribu unit atau diperkirakan per bulan mencapai sekitar 2.000 unit. Meski demikian, Harold mengatakan rencana September 2018 untuk ekspor masih bisa berubah tergantung kesiapan negara penerima meliputi uji produk sesuai standar negara bersangkutan. Harold menambahkan tidak ada pertimbangan khusus untuk negara tujuan ekspor karena negara-negara di kawasan itu memang merupakan cakupan pangsa pasar ekspor Indonesia untuk All New Ertiga.

Meski situasi ekonomi global saat ini masih berfluktuasi, Harold menambahkan tidak menyurutkan semangat ekspansi bisnis mengingat negara tujuan ekspor itu merupakan negara berkembang yang ekonominya bertumbuh.  Untuk itu pihaknya optimistis kendaraan jenis low multi purpose vehicle (MPV) itu bisa diterima di pasar internasional karena juga ditopang keunggulan dibandingkan model lama berdasarkan survei yang dilakukan kepada konsumen.

Setidaknya, kata dia, ada tiga hal yang menjadi alasan konsumen memilih mobil minivan berpenumpang tujuh orang itu yakni desain eksterior yang lebih dinamis, desain interior yang lebih segar dan mengakomodasi kebutuhan keluarga serta faktor kenyamanan.  "Kami juga optimis karena sudah ada proyeksi dari masing-masing negara. Jadi setiap kali kami mau meluncurkan produk atau di awal tahun pasti sudah ada target penjualan," ucapnya.

Ekspor tersebut, lanjut dia, juga diharapkan mendongkrak penerimaan devisa negara dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional khususnya industri otomotif. Segmen MPV, lanjut dia, menyumbang pertumbuhan sekitar 30 persen dari keseluruhan pasar otomotif di Indonesia, dan Suzuki bertujuan untuk memperluas kehadirannya di segmen pasar itu dengan desain ulang menyeluruh pada Ertiga. *ant

Komentar