nusabali

Pastikan Penumpang Terlayani dengan Baik

  • www.nusabali.com-pastikan-penumpang-terlayani-dengan-baik

Gubernur Pastika tetap meminta dan menghimbau masyarakat agar tetap tentang dan selalu waspada dalam menanggapi aktivitas Gunung Agung ini, sehingga mobilitas pariwisata di Bali dapat tetap berjalan dengan baik dan kondusif.

Gubernur Tinjau Bandara Ngurah Rai

MANGUPURA, NusaBali
Begitu mendapat informasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup sementara, Gubernur Bali Made Mangku Pastika langsung meninjau bandara di Tuban, Kuta, Badung, Jumat (29/6) pagi.  Gubenur Mangku Pastika tiba di bandara pukul 10.00 Wita didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali IGA Sudarsana, Kadis Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra, Kadis Pariwisata Kabupaten Badung I Made Badra beserta jajaran pemerintah lainnya.
 
Pastika turun langsung ke bandara untuk memantau langsung persiapan layanan penumpang menggunakan transportasi darat dengan menggunakan bus sekaligus melepas keberangkatan bus angkutan penumpang. Pastika menyampaikan permohonan maaf atas nama pemerintah dan masyarakat Bali atas ketidaknyanan yang dialami oleh penumpang. Kondisi ini, kata dia tak bisa ditolak karena ini adalah bencana alam. Dirinya berjanji akan berusaha sekuat tenaga bersama seluruh stakeholder terkait untuk menangani masalah ini dengan sebaik-baiknya. Bahkan dia siap ngantor di bandara jika kondisinya tak kunjung membaik. "Saya berharap para penumpang bisa melanjutkan perjalananya dengan baik," kata Pastika.

Pastika mengungkapkan bahwa penanganan mobilitas penumpang sudah mendapat pelayanan dengan baik. Pemerintah telah menyiapkan beberapa bus (Free Charge) untuk melayani penumpang yang akan melakukan connecting flight melalui Bandara Juanda Surabaya. Sedangkan penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan melalui jalur darat ke Lombok maka sudah disiapkan Bus (Free Charge) menuju terminal Mengwi dan Pelabuhan Padangbai. “Sedangkan bagi penumpang yang ingin menunggu di Bali maka pihak Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI) akan menyediakan one night free charge hanya untuk hari ini,” ujarnya. "Berapapun anggaranya Pemprov Bali dan Pemkab Badung siap untuk menanggulanginya. Anggaranya sudah disiapkan menggunakan anggaran tak terduga. Selain itu pelayanan yang akan dilakukan sesuai dengan SOP yang telah ada," imbuhnya.

Disamping itu, Pastika juga mengungkapkan bahwa bagi penumpang Warga Negara Asing (WNA)  yang visanya sudah habis selama bandara ditutup, maka pihak Imigrasi akan bersedia melakukan perpanjangan visa secara gratis. Dengan pelayanan respon cepat yang telah dilakukan oleh pemerintah, diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada para penumpang ditengah situasi yang kurang nyaman saat ini. Namun, Gubernur Pastika tetap meminta dan menghimbau masyarakat agar tetap tentang dan selalu waspada dalam menanggapi aktivitas Gunung Agung ini, sehingga mobilitas pariwisata di Bali dapat tetap berjalan dengan baik dan kondusif.

Selain ke Bandara Ngurah Rai, Pastika juga sudah pulang memantau kondisi Gunung Agung di pusat vulkanologi di Karangasem. Dikatakan, perkembangan aktivitas gunung sudah menurun. Gerakan-gerakan magmatik sudah berkurang jauh dan hampir tidak terjadi getaran apapun.

"Memang sejak 27 Juni lalu mulai ada getaran. Puncaknya tadi malam (kemarin malam) dan mengeluarkan abu. Kebetulan angin bertiup ke arah barat dan barat daya sehingga mengarah ke bandara ini. Oleh karena itu pihak otoritas penerbangan memutuskan untuk sementara bandara ditutup," ujarnya.

Ditanya terkait masyarakat yang sempat diungsikan, Pastika mengaku semuanya sudah balik ke rumah masing-masing. Dia menyebut warga yang mengungsi sekitar 400 orang dan mengungsi ke bale banjar setempat. "Persiapan logistik cukup, baik masker, tenda dan apabila diperlukan makanan semuanya sudah siap. Warga itu diperbolehkan pulang karena memang sudah tak terjadi apa-apa lagi sepanjang tidak memasuki radius 4 km dari puncak gunung," ujarnya.  *p, k17

loading...

Komentar