nusabali

Star Clipper Berlabuh di Lovina 12 Kali dalam Setahun

  • www.nusabali.com-star-clipper-berlabuh-di-lovina-12-kali-dalam-setahun

Kapal pesiar MV Star Clipper kembali berlabuh di perairan Lovina, wilayah Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Keabupaten Buleleng pada Kamis (28/6) pukul 08.00 Wita.

SINGARAJA, NusaBali

Kedatangan kapal berbendera Malta itu merupakan kunjungan ke empat dari total dua belas kunjungan yang sudah dijadwalkan tahun ini. Kapal disandarkan di tengah laut sekitar satu mil dari garis pantai. Puluhan wisatawan kemudian diangkut menggunakan boat untuk singgah ke daratan. Dari kunjungan keempat tahun ini kapal pesiar itu membawa 65 orang penumpang dengan 73 crew kapal. Puluhan wisatawan dari berbagai belahan dunia itu juga memutuskan untuk berwisata ke desa wisata Munduk, Kecamatan Banjar, dan ke Twin Lake Buyan dan Tamblingan.

Sebelum berlabuh di Buleleng kapal pesiar ini datang dari Senggigi, Lombok dan setelah singgah di Buleleng akan meneruskan penjelajahannya menuju Gili Sudak, Lombok Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna mengatakan kunjungan MV Stra Clipper yang dimulai tahun 2017 membawa dampak yang luar biasa bagi Buleleng. Selain juga kapal pesiar lainnya dengan ukuran dan jumlah penumpang lebih banyak di Pelabuhan Celukan Bawang. Meski membawa hanya puluhan wisatawan, namun kedatangannya ke Buleleng membawa imbas dan dampak promosi tidak langsung yang luar biasa. “Kita bicara lingkup kecil saja misalnya daerah Lovina dengan kedatangan kapal ini kawasan menjadi semakin bergeliat, guide dan travel juga jalan, paling tidak mereka berbelanja minuman atau makanan di sekitar kawasan, dampak ekonomi juga mengimbas,” kata dia,

Sejauh ini di pertengahan tahun 2018, selain empat kunjungan kapal MW Star Clipper di Laut Lovina, juga ada enam kapal yang sudah berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang. Seperti kapal MV Genting Dream sebanyak tiga kali, MV Azamara Journey sebanyak dua kali dan MV Seabourn Sojourn. Dari kunjungan kapal pesiar yang sudah berlabuh di Buleleng di dua tempat, ada 18.253 orang wisatawan dan juga crew kapal yang mengunjungi Buleleng.

Pihaknya juga menjelaskan di tahun ini masih ada sejumlah jadwal penyandaran kapal pesiar di Buleleng hingga akhir Desember mendatang. Bahkan Sutrisna pun menambahkan di tahun 2019 mendatang, Buleleng akan mendapat penambahan kunjungan kapal pesiar. “Baru saja disepakati, tahun 2019 mendatang, kapal pesiar American Holland Line juga sudah menyusun jadwal untuk bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang,” ungkap dia.*k23

Komentar