nusabali

Bank Buka Terbatas saat Pilkada Serentak

  • www.nusabali.com-bank-buka-terbatas-saat-pilkada-serentak

Sejumlah perbankan di Bali tetap beroperasi dengan membuka beberapa cabang yang melayani pelayanan terbatas saat libur nasional bertepatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkade) serentak pada Rabu (27/6).

DENPASAR, NusaBali
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana mengatakan,  operasional perbankan akan mengikuti operasional bank sentral yang juga beroperasi namun dengan layanan terbatas.

"Layanan yang beroperasi itu di antaranya sistem pembayaran yakni layanan kas, RTGS dan kliring," kata Causa Iman Karana, di Denpasar, Selasa (26/6).

Sementara terkait operasi moneter valuta asing (valas), seluruh transaksi operasi moneter valas 27 Juni 2018 ditiadakan dan kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) juga tidak diterbitkan. Kurs BI, kata Causa Iman, menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir yang diterbitkan pada 26 Juni 2018.

Setelah BI memutuskan tetap beroperasi dengan layanan terbatas, sejumlah perbankan di Bali mengikuti operasional tersebut. Pemimpin Wilayah BNI Bali dan Nusa Tenggara Eko Setyo Nugroho mengatakan untuk wilayah Bali, BNI membuka operasional terbatas di empat gerai yakni BNI Denpasar di Jalan Gajah Mada, Cabang Renon, Cabang Singaraja, dan Cabang Bandara Ngurah Rai.

Waktu pelayanan, kata dia, mulai pukul 08.00-15.00 WITA dan khusus untuk gerai di bandara dilayani mulai pukul 10.00-17.00 WITA. Transaksi yang bisa dilakukan di antaranya setoran atau pemindahbukuan rekening BNI dalam bentuk rupiah, penarikan tunai, pembayaran setoran BBM dan non-BBM, kliring atau RTGS.

Hal serupa juga diakui Pemimpin Regional Bank Danamon Bali dan Nusa Tenggara I Gusti Agus Indrawan yang akan membuka beberapa kantor cabang khususnya yang memiliki layanan kliring. Kantor cabang yang dipastikan buka dengan layanan terbatas, lanjut dia, yakni Bank Danamon Cabang Hayam Wuruk Denpasar dan Cabang Singaraja. "Kami akan atur mekanisme khususnya untuk karyawan agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya," kata pria yang akrab disapa Gus Lopes itu. *ant

Komentar