nusabali

Disperindag Rencanakan Bangun Pasar Desa Pempatan

  • www.nusabali.com-disperindag-rencanakan-bangun-pasar-desa-pempatan

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karangasem berencana membangun Pasar Desa Pempatan, Kecamatan Rendang.

AMLAPURA, NusaBali
Pembangunan pasar ini untuk menopang Pasar Hewan Pempatan yang mangkrak berkepanjangan. Pasar Hewan Pempatan mulai dioperasikan sejak Desember 2017. Rencana pembangunan ini disosialisasikan di aula Kantor Desa Pempatan, Selasa (26/6).

Disperindag Karangasem akan membangun Pasar Desa Pempatan di lahan pasar hewan tersebut. Tepatnya di utara pasar hewan dengan lahan seluas 20 are. Sehingga selain kegiatan Pasar Hewan Pempatan yang mulai berjalan, juga didukung adanya Pasar Desa Pempatan dengan menyediakan kopi, makanan, dan kebutuhan lainnya, sehingga aktivitasnya terpadu.

Kepala Disperindag Karangasem, I Gusti Ngurah Suarta, mengatakan jarak masyarakat Desa Pempatan ke Pasar Desa Menanga, Kecamatan Rendang cukup jauh. Sehingga masyarakat Desa Pempatan sangat berharap ada Pasar Desa Pempatan untuk melayani masyarakat yang tersebar di 9 banjar yakni Alasngandang, Geliang, Keladian, Kubakal, Pempatan, Pemuteran, Pule, Puragae, dan Putung. “Kami merasa termotivasi untuk membangun Pasar Desa Pempatan setelah dapat respons antusias warga masyarakat berasal dari 9 banjar,” jelas I Gusti Ngurah Suarta.

Pembangunan Pasar Desa Pempatan dengan anggaran Rp 6 miliar dikerjakan di tahun 2018. Target rampung Desember 2018. Sehingga secepatnya bisa dioperasikan. Camat Rendang, I Wayan Mastra, juga merespons rencana pembangunan Pasar Desa Pempatan. Apalagi lokasinya di Banjar/Desa Pempatan sangat strategis, warga dari Bangli juga bisa memanfaatkan pasar itu. “Tanah tidak masalah, warga mendukung, tinggal direalisasikan,” katanya. Sementara Perbekel Desa Pempatan, I Nengah Kuta, menyambut rencana itu. Apalagi visi dan misinya mewujudkan Pasar Desa Pempatan. “Kami dari dulu berharap ada Pasar Desa Pempatan untuk membangkitkan perekonomian desa,” kata Nengah Kuta. *k16

Komentar