nusabali

Suwasta dan Bagia Optimis Menang Pilkada

  • www.nusabali.com-suwasta-dan-bagia-optimis-menang-pilkada

KPU Klungkung sudah mempersiapkan optimal Pilkada Klungkung 2018, logistik sudah disebar ke masing-masing desa dengan pengawasan yang ketat.

Ketua Koalisi Suwasta Target Menang 100 Persen di TPS-nya


SEMARAPURA, NusaBali
Para pentolan partai politik di Klungkung siap memenangkan jago partainya di TPS masing-masing saat Pilkada Klungkung, 27 Juni 2018. Bahkan Ketua Partai Koalisi Suwasta (Nyoman Suwirta-I Made Kasta) yang juga Ketua DPRD Klungkung, I Wayan Baru targetkan menang 100 persen di TPS-nya, yakni TPS 4 Dusun Cemulik, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

I Nyoman Suwirta-Made Kasta merupakan pasangan incumbent yang diusung Gerindra, Golkar, Demokrat dan NasDem. Dalam Pilkada Klungkung ini, Suwasta bertarung head to head melawan pasangan Tjokorda Bagus Oka-I Ketut Mandia (Bagia) yang diusung PDIP dan PKPI.

Ketua Koalisi Suwasta, Wayan Baru mengaku yakin bisa memenangkan Suwasta 100 persen di TPS-nya. “Saya yakin dan optimis bisa peroleh suara hingga 100 persen, karena masyarakat sudah memilih Suwasta, karena selama menjadi bupati-wakil bupati sudah terbukti kinerjanya untuk memajukan Klungkung daratan maupun Nusa Penida,” tegas Wayan Baru. Untuk di Kecamatan Nusa Penida, pihaknya menarget kemenangan hingga 95 persen.

Sementara itu Cabup incumbent, I Nyoman Suwirta akan mencoblos di TPS 6 Dusun Kacang Dawa, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung. Di TPS-nya itu, Suwirta optimis bisa meraih suara hingga 80 persen. Mengingat wilayah tersebut juga ada tokoh dari basis lawan, dan ada juga pendatang. Saat memasuki masa tenang ini, pihaknya juga sembahyang ke beberapa pura baik di Nusa Penida dan Klungkung daratan.

“Hari ini (kemarin) kita memang benar-benar tenang, paling saya sembahyang saja nanti,” ujarnya. Lebih lanjut Suwirta menyampaikan, untuk mengantisipasi adanya serangan money politics timnya sudah siaga untuk menjaga gawang. “Karena memang agak beda lah sedikit nuansa pilkada sekarang dengan 5 tahun yang lalu,” katanya. Kalau 5 tahun yang lalu calon cukup banyak, memang kalau dilihat dari segi tegangnya tekanannya jauh lebih berat 5 tahun lalu. Tapi karena sekarang head to head tentu lebih riskan gesekan. Pihaknya berharap dalam Pilkada ini tidak ada menggunakan cara-cara yang tidak baik.

Sementara Cawabup pasangan Suwirta, yakni Made Kasta sebelum hari coblosan juga melakukan persembahyangan ke Pura Dalem Putih di Desa Tusan, kemarin. Dalam Pilkada ini Kasta mencoblos di TPS 6 Dusun Sangging, Desa Akah, dengan menarget kemenangan sebanyak 60 persen. Karena di Desa Akah juga ada tokoh dari paslon lain. “Saya yakni bisa menang,” ujarnya.

Sementara Cabup Tjokorda Bagus Oka saat dikonfirmasi mengaku selama masa tenang ini lebih banyak mengisi diri dengan sembahyang ke sejumlah pura di Klungkung. Seperti Selasa pagi kemarin dirinya bersama tandemnya I Ketut Mandia sembahyang pada pura di Kecamatan Nusa Penida. Untuk di TPS-nya, TPS 4 Jalan Imam Bonjol, Lingkungan Bucu, Klungkung, tidak ada memasang target.

“Ten wenten target, kita serahkan kepada masyarakat,” katanya. Sementara Cawabup I Ketut Mandia, selama menjelang pecoblosan ini nunas ica ring Ida Bhatara Kemulan, dan optimis menang dalam pilkada Klungkung, melihat perjalanan dan simakrama yang diterima antusias oleh masyarakat. “Di Nusa Penida astungkara bisa memperoleh suara di 30 persen, astungkara di Klungkung daratan 63 persen,” harapnya. Mandia mencoblos di TPS 4 Dusun Sente, Desa Pikat, pihaknya optimis di Desa Pikat bisa memperoleh suara minimal 75-85 persen.

Sementara Wayan Misna mengatakan, selaku koordinator Pemenangan Bagia di Kecamatan Nusa Penida akan mencoblos di TPS 2 Desa Kutampi, Kecamatan Nusa Penida. Dia pun siap berjuang untuk memenangkan suara hingga 35 persen. “Di Nusa Penida dari tim ditarget 35 persen, upayanya tentu dengan pendekatan masyarakat. Target itu mengingat incumbent begitu kuat, masyarakat idealis dengan nyama gelah. Maka dari itu tidak berani terlalu tinggi memasang target, namun realistis,” katanya.

Ketua KPU Klungkung I Made Kariada mengatakan sudah mempersiapkan dengan optimal untuk Pilkada Klungkung 2018 ini. Logistik sudah disebar ke masing-masing desa dengan pengawasan yang ketat. Dari sisi niskala juga dilakukan di antaranya menghaturkan piuning dan macaru di Pura Kentel Gumi, di Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Termasuk matur piuning menghaturkan pejati di Pura Watu Klotok, Goa Lawah, Dalem Agung dan Pura Jagatnata. “Semoga dalam pelaksaan Pilgub Bali dan Pilkada Klungkung ini berjalan lancar,” harapnya. *wan

Komentar