nusabali

Dishub Gelar Pemilihan Awak Kendaraan

  • www.nusabali.com-dishub-gelar-pemilihan-awak-kendaraan

Dinas Perhubungan Klungkung menyelenggarakan pembinaan dan pemilihan Abdi Yasa Teladan/Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) tingkat Kabupaten Klungkung tahun 2018.

SEMARAPURA, NusaBali
Kegiatan ini dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Klungkung, Senin (25/6). Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan, pengemudi memegang peranan dan tanggung jawab penting dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas (lalin). Upaya pembinaan terhadap awak kendaraan khususnya awak kendaraan umum sangat relevan dalam rangka peningkatan kualitas dan kinerja mereka sehingga angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan.

‘’Transportasi mempunyai peranan sangat penting dan strategis. Untuk itu para awak kendaraan umum diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guna meningkatkan pelayanan jasa terhadap masyarakat,’’ jelas Bupati Suwirta.  

Kata Bupati Suwirta, kegiatan ini untuk memperoleh pengakuan profesi dan peran awak angkutan di bidang transportasi oleh elemen masyarakat. Mendorong operator angkutan umum agar senantiasa mempersiapkan awak kendaraan umum yang berkualitas, berdisiplin, bertanggung jawab dan memiliki wawasan yang luas, serta menumbuh kembangkan citra yang baik bagi awak kendaraan umum akan etika profesinya. “Jadikan lomba ini sebagai ajang untuk memberikan motivasi menjadi pengendara dan pelayan yang baik,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan pemilihan AKUT ini juga bermanfaat positif karena dapat mengubah sikap dan perilaku pengemudi baik dari segi cara berpakaian, berbicara dan perperilaku. Awak angkutan juga agar lebih disiplin dan beranggungjawab dalam rangka menciptakan transportasi yang baik di Kabupaten Klungkung. "Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan dan meningkatkan pelayanan jasa terhadap masyarakat,” pesan Bupati Suwirta.

Ketua Panitia pelaksana Nyoman Sucitra menyampaikan pemilihan AKUT untuk mendudukkan insan awak kendaraan umum agar sejajar dengan insan pembangunan lainnya. Caranya, dengan memberikan motivasi dan penghargaan terhadap profesinya. Selain itu, mewujudkan pelayanan jasa angkutan umum yang baik dengan mempersiapkan awak kendaraan umum yang bermutu, disiplin, dan bertanggung jawab. Denga itu, awak angkutan dapat mengurangi jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas terutama karena faktor pengemudi angkutan umum. Tak kalah penting mewujudkan peran serta masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap kinerja awak kendaraan umum melalui pemilihan AKUT. Pemilihan AKUT dilaksanakan Senin (25/6) dan Selasa (26/6), diikuti 35 peserta. Pemilihan  melibatkan instuktur dari kepolisian, Jasa Raharja dan Organda. *wan

Komentar