nusabali

Pipa PDAM Rusak Diterjang Longsor

  • www.nusabali.com-pipa-pdam-rusak-diterjang-longsor

Jaringan pipa sumber mata air Gamongan I milik PDAM Bangli dihantam material longsor, Minggu (24/6).

BANGLI, NusaBali
Dampaknya, layanan PDAM untuk wilayah Kota Bangli terganggu. Tiga bulan sebelumnya, di lokasi yang sama yakni Sungai Melangit, Dusun Cingang, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli, juga terjadi longsor. Jaringan rusak sehingga PDAM membuat jaringan baru agar pelanggan mendapat suplai air.

Kasubag Perencanaan Teknis PDAM Bangli, I Wayan Gunawan, mengatakan longsor terjadi pada Minggu dini hari. Akibat kejadian tersebut, pipa transmisi sepanjang hampir 300 meter tertimbun. Dampaknya pasokan air bagi ribuan pelanggan di areal kota Bangli terganggu. Dari hasil survei  panjang longsoran sekitar  300 meter. “Kami belum bisa memastikan kondisi pipa, mengingat belum ada penggalian. Hari ini kami sudah melakukan pengecekan hanya saja kembali terjadi pergerakan tanah, khawatir terjadi longsor susulan. Demi keselamatan diputuskan petugas turun Senin pagi,” terangnya.

Diakui, sebelum proses perbaikan akan diawali dengan upacara ngaturang piuning di Pura Gde Gamongan, Pura Pangsut Cingan, dan di lokasi kejadian.  “Matur piuning dilaksanakan untuk memohon keselamatan dan kelancaran proses perbaikan,” sebutnya. Prosesi ngaturang piuning akan dipuut  Pamangku Pura Gde Gamongan,  Jro Mangku Subur.

Jika cuaca mendukung, perbaikan akan dimulai Senin pagi dengan melibatkan petugas teknisi PDAM dibantu tenaga rekakan.  “Kami tidak bisa memastikan berapa lama proses perbaikan, kembali lagi pada kondisi di lapangan dan berpengaruh pula pada cuaca,” ujarnya. Buat sementara suplai air di wilayah Banjar Pande, Gunaksa, Pekuwon, Nyalian, Puri Kanginan, Puri Dencarik dan sebagian pelanggan di Banjar Kawan dan Pule terganggu. *e

Komentar