nusabali

Pramuka Bentuk Relawan Penanganan Bencana

  • www.nusabali.com-pramuka-bentuk-relawan-penanganan-bencana

Sebanyak 60 anggota pramuka direkrut untuk menjadi relawan bencana yang tergabung dalam wadah Pramuka Peduli.

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan Pramuka ini pun dilatih pada Minggu (24/6) kemarin untuk mendapatkan pembekalan awal secara maraton terkait penanganan bencana.

Dalam pembekalan pramuka peduli dengan melibatkan Pramuka Penegak dan Pandega di Kwartir Cabang Buleleng itu diberikan pembekalan terkait dengan keberadaan Pramuka Peduli, kebencanaan maupun masalah penanganan sampah yang diarahkan nantinya pramuka mampu mengelola Bank Sampah. Seluruh rangkaian pembekalan dilangsungkan di Aula SMKN 3 Singaraja.

Ketua Pramuka Peduli Kwartir Daerah Bali, Bagus Parta Wijaya di sela-sela kegiatan mengatakan, pembentukan relawan dalam wadah Pramuka Peduli dilakukan secara bertahap dengan masing-masing peserta di Kabupaten dan Kota di Bali sebanyak 100 anggota dan selanjutnya akan dilakukan pertemuan seluruh Bali untuk memantapkan pembekalan yang telah diberikan.

“Pramuka peduli merupakan wadah kepedulian kepada masyarakat didalam melakukan antisipasi terhadap potensi bencana maupun penanganan bencana itu sendiri,” kata dia. Pembentukan relawan Pramuka Peduli menurut rencana akan dilakukan secara bertahap hingga awal bulan Juli mendatang.

Kegiatan itu akan menyasar Pramuka Penegak dan Pandega di Kabupaten dan Kota di Bali, sehingga nantinya seluruh relawan akan mampu menjadi relawan dalam penanganan bencana dan membantu tugas-tugas kebencanaan yang dilakukan pemerintah.*k23

Komentar