nusabali

Mengamati Persebaran Burung Migran di Pulau Serangan

  • www.nusabali.com-mengamati-persebaran-burung-migran-di-pulau-serangan

Try Out Divisi Konservasi merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta Pelatihan Tingkat Lanjut (PTL) Divisi Konservasi Mapala “Wanaprastha Dharma” Universitas Udayana. Tim Divisi Konservasi memilih Birdwatching di Pulau Serangan sebagai kegiatan Try Out Divisi Spesialisasi Konservasi.

Data Hasil Pengamatan 
Hasil pengamatan burung yang teramati oleh tim pada bulan Desember dan Mei adalah terdapat empat burung migran dan sembilan burung lokal. Berikut adalah klasifikasi dari burung-burung tersebut.

Burung Migran:


Nama Burung : Gagang Bayam Timur
Nama Inggris : White Headed Stilt
Nama Latin : Himantopus leucocephalus
Penyebaran : Australia, Selandia Baru.
Habibat : Rawa payau, rawa tawar, danau dangkal, tepi sungai, sawah, beting lumpur, tambak garam.
Status Konservasi : Risiko Rendah
Ciri – ciri : Gagang Bayam Timur memiliki tubuh berukuran sangat panjang (37 cm). Warna hitam-putih. Kaki sangat panjang warna merah jambu. Kepala dan tubuh putih. Sayap, tengkuk dan leher belakang hitam. Berkembang biak bulan Mei - Agustus.



Nama Burung : Gajahan Penggala
Nama Inggris : Whimbrel
Nama Latin : Numenius phaeopus
Penyebaran : Erasia Utara
Habibat : Gajahan penggala menyukai gosong lumpur, muara pasang surut, daerah berumput dekat pantai, payau dan pantai berbatu.
Status Konservasi : Risiko Rendah
Ciri – ciri : Ukuran tubuhnya yang sedang dan paruhnya yang tidak sepanjang gajahan besar maupun gajahan timur. Gajahan penggala memiliki kepala bergaris hitam yang sangat jelas. Paruh lebih panjang dari paruh si gajahan kecil. Sarangnya berada dipermukaan tanah.


Nama Burung : Cerek Pasir Mongolia
Nama Inggris : Lesser Sand Plover
Nama Latin : Charadrius mongolus
Penyebaran : Sisi tengah, utara-timur Asia
Habibat : Di daerah berlumpur dan berpasir di tepi pantai. Bersarang di permukaan tanah dengan jumlah telur biasanya tiga butir. 
Status Konservasi : Risiko Rendah 
Ciri – ciri : Memiliki ukuran 18-21 cm, dengan berat badan sekitar 58-71 gr. Ketika musim kawin, jantan memiliki mahkota bewarna abu-abu kecoklatan. Warna tengkuk coklat kemerah-merahan, sedangkan dibelakang leher bewarna coklat, dan punggung nya bewarna abu-abu kecoklatan.


Nama Burung : Dara Laut Jambul
Nama Inggris : Swift Tern
Nama Latin : Thalasseus bergii 
Penyebaran : Australia, Afrika Selatan
Habibat : Beristirahat di pantai, tiang atau benda terapung di air. Sarang berupa cekungan dangkal di pasir
Status Konservasi : Risiko Rendah 
Ciri – ciri : Tubuh berukuran besar (45 cm). Kepala berjambul, paruh kuning. Tubuh bagian atas abu-abu, bagian bawah putih. Muda: Abu-abu lebih gelap. Bagian atas berbintik coklat dan putih. Ekor abu-abu. Musim panas: Mahkota dan jambul hitam, berubah berbintik putih saat peralihan musim. Musim dingin: Mahkota putih. Jambul berbintik abu-abu. Iris coklat, paruh kuning, kaki hitam. 

SELANJUTNYA...

Komentar