nusabali

SMAN 1 Amlapura Gelar PKKO

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-gelar-pkko

SMAN 1 Amlapura tengah menggodok calon pengurus OSIS melalui program PKKO (Pelatihan Kepemimpinan Kedisiplinan OSIS).

AMLAPURA, NusaBali
PKKO merupakan program tiap tahun memasuki tahun ajaran baru dan menyambut pergantian kepengurusan OSIS tahun 2017-2018. Ketua Panitia I Komang Ngurah Yuda Pratama sukses menjalankan PKKO. Selama kegiatan dipantau Ketua OSIS I Komang Trisna Angga Pradipta.

Guru pembina OSIS SMAN 1 Amlapura, I Dewa Gede Sutarta, mengatakan PKKO dimulai dari tanggal 18-22 Juni 2018. Kegiatan PKKO berisikan latihan mental dengan cara membagi kelompok tampil di depan untuk dinilai peserta lainnya. Peserta belajar bicara di hadapan peserta, menyampaikan ide dan gagasannya, selanjutnya diselingi kegiatan outbound. PKKO diikuti perwakilan kelas XI. Acaranya dari pukul 06.30 Wita hingga 16.00 Wita.

Setelah kegiatan PKKO berakhir, peserta teruji secara mental dan siap duduk di struktur OSIS. Apalagi yang berminat jadi Ketua OSIS, prosesnya mesti panjang, wajib menggelar kampanye di hadapan seluruh siswa dan guru. Menyampaikan visi dan misinya serta ide-ide yang nantinya dikembangkan selama setahun menjabat. “Makanya PKKO itu diselenggarakan tiap tahun. Pesertanya siswa kelas XI, sebagai calon yang nantinya duduk di struktur kepengurusan OSIS, termasuk calon Ketua OSIS. Sehingga mental dan keberaniannya terlebih dahulu diuji melalui PKKO,” kata Ketua OSIS I Komang Trisna Angga Pradipta, Jumat (22/6).

Dikatakan, selama ini pemilihan Ketua OSIS di SMAN 1 Amlapura digelar tiap Oktober. Tinggal empat bulan lagi melakukan suksesi. Kepala SMAN 1 Amlapura, Wayan Sugiana, mengatakan kegiatan PKKO rutin dilaksanakan setiap tahun di masa liburan panjang. Tujuannya untuk memberikan pelatihan kepada calon pengurus OSIS agar memiliki kesiapan mental dan memperluas wawasan. “Ketua OSIS beserta pengurusnya disibukkan melakukan kegiatan  selama setahun. Misalnya ulang tahun, perpisahan, dan terlibat dalam persiapan hari-hari besar nasional,” kata Sugiana. *k16

Komentar