nusabali

Akan Bangun Dermaga Penyeberangan Sanur-Nusa Penida

  • www.nusabali.com-akan-bangun-dermaga-penyeberangan-sanur-nusa-penida

Jadi Prioritas Koster-Ace

DENPASAR, NusaBali
Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali nomor urut 1, Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace). Sempat meninjau pelabuhan Celukan Bawang di Buleleng yang rencananya akan dijadikan pelabuhan khusus bongkar muat atau cargo, Rabu (20/6), Wayan Koster didampingi Ketua Tim Pemenangan Koster-Ace Kota Denpasar meninjau penyeberangan Sanur-Nusa Penida. Meski arus lalu lintas penyeberangan sangat padat, akan tetapi belum diimbangi dengan fasilitas yang memadai, hanya menggunakan ‘dermaga alam’.

Padahal selama ini, tempat penyeberangan tersebut menjadi salah satu pintu masuk utama bagi masyarakat yang hendak berangkat menuju Nusa Penida dan Lembongan atau sebaliknya. Bahkan juga dimaanfatkan para wisatawan asing  yang ingin berwisata di dua pulau yang masuk wilayah Kabupaten Klungkung itu. Melihat tempat penyeberangan yang kondisinya masih seadanya itu, Koster ke depan berencana akan segera membangun dermaga penyeberangan yang lebih layak dan memadai.

Koster yang juga telah beberapa kali melakukan penyeberangan ke Nusa Penida melalui Sanur, menegaskan pembangunan dermaga penyeberangan di Sanur menjadi salah satu prioritas yang harus segera diwujudkan. “Ini (pembangunan dermaga) akan menjadi prioritas saya, harus segera direalisasikan,” tegas Koster.

Dirinya mengaku sangat prihatin melihat warga yang hendak menyeberang ke Nusa Penida atau Nusa Lembongan yang melalui Sanur tidak mendapatkan fasilitas dan kenyamanan. Terlebih saat air pasang, para penumpang harus rela berbasah-basahan.

Bila dirinya terpilih, pembangunan dermaga penyeberangan Sanur-Nusa Penida akan menjadi prioritas. Menurut penuturan salah seorang petugas tiket Wahyu Baruna Transport,  Made Nusa, rata-rata jumlah penumpang yang menyeberang dari Pantai Sanur menuju Nusa Penida mencapai 500 sampai 700 penumpang per harinya. "Kalau lagi musim libur seperti ini biasanya sangat ramai. Tapi kalau lagi sepi, paling hanya 200 penumpang per hari," terangnya.  Terkait rencana Cagub Wayan Koster yang akan membangun dermaga penyeberangan, pria asal Nusa Penida sangat mendukung hal tersebut. *

Komentar