nusabali

Ternyata Begini Fakta Tentang Hari Ayah di Seluruh Dunia, Bagaimana dengan Indonesia?

  • www.nusabali.com-ternyata-begini-fakta-tentang-hari-ayah-di-seluruh-dunia-bagaimana-dengan-indonesia

Belakangan, lini masa tengah diramaikan oleh netizen Indonesia yang berlomba-lomba mengunggah foto-foto 'kemesraan' mereka dengan sang ayah atau sang suami.

Ada ibu-ibu muda yang mengunggah foto suami yang tengah bermain dengan anaknya, ada pula anak-anak yang mengunggah foto-foto jadul milik ayahnya atau ketika sang ayah menggendong mereka ketika masih balita. Tidak lupa, berbagai caption menarik pun disisipkan untuk mengungkapkan rasa sayang atau pun terimakasih mereka terhadap sang pahlawan keluarga tersebut.

Namun, Hari Ayah yang mereka rayakan tempo hari sebenarnya merupakan perayaan yang dinamakan Father’s Day (red: Hari Ayah dalam Bahasa Inggris), yang lebih lumrah dirayakan oleh negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris, dan beberapa negara bagian lainnya

Sebetulnya, jika ingin ditelaah lebih lanjut, terdapat berbagai peringatan Hari Ayah di masing-masing negara yang jatuh pada hari-hari tertentu. Misalnya, Father’s Day yang diperingati oleh Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan negara bagian lainnya jatuh pada bulan Juni di minggu ketiga. Jadwal ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan perayaan Father’s Day di Australia dan New Zealand yang jatuh pada minggu pertama di bulan September. Begitu pula di Thailand yang perayaannya jatuh pada 5 Desember, bertepatan dengan ulang tahun Raja Thailand. Juga, di Brazil yang jatuh di minggu kedua bulan Agustus.

Dari sekian Father’s Day yang ada di dunia, yang keluar menjadi trending adalah Father’s Day milik Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan beberapa negara bagian lainnya karena memang pertama kali diperkenalkan oleh Amerika Serikat pada awal abad ke-12 oleh seorang gadis bernama Sonora Smart Dodd, yang terinspirasi dari perayaan Mother’s Day dan berencana membuat peringatan yang sama pada ayahnya yang seorang pensiunan veteran. Di Amerika Serikat sendiri, Father’s Day telah diperingati sejak Juni 1910.

Bagaimana dengan Indonesia? Apakah Indonesia memiliki Hari Ayah Nasional? Tentu saja. Hari Ayah Nasional jatuh pada 12 November yang pertama kali dicetuskan di Solo pada tahun 2006 oleh sebuah organisasi ibu-ibu yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Deklarasi ini dibuat untuk mengapresiasi jasa para ayah yang telah berjuang, menafkahi, dan mengayomi keluarganya.

Nah, sedikit banyaknya sekarang sudah paham kan tentang perayaan Hari Ayah baik Nasional maupun Internasional? Sah-sah saja jika kalian ingin memperingati keduanya, tetapi harus tetap paham makna dan tujuannya ya! Akan lebih baik jika setiap hari merupakan Hari Ayah, Hari Ibu, atau pun Hari Kasih Sayang, bukan? Dengan begitu, cinta dan kasih sayang akan tumbuh di mana saja. *ph

loading...

Komentar