nusabali

Sertifikat Peserta Lomba Bukan Bukti Prestasi

  • www.nusabali.com-sertifikat-peserta-lomba-bukan-bukti-prestasi

Calon peserta didik baru ke jenjang SMA/SMK boleh mendaftar melalui jalur prestasi.

PPDB Jenjang SMA/SMK Jalur Prestasi Ketat

GIANYAR, NusaBali
Panitia PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) akan menyeleksi sertifikat prestasi calon peserta didik peraih juara I hingga harapan I mulai tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional.                               

Sesuai juklak/juknis PPDB SMA/SMK dari Dinas Pendidkan Provinsi Bali, bahwa sertifikat penghargaan sebagai peserta lomba tidak termasuk sebagai bukti calon peserta didik telah berprestasi. Sedangkan, kuota setiap sekolah untuk jalur prestasi hanya 5 persen sehingga persaingan di jalur ini dipastikan semakin ketat. Seperti tampak pada pendaftaran PPDB hari pertama jalur alasan khusus (JAK) dan prestasi di SMAN 1 sukawati, Senin (18/6). Dari total kursi 360, jalur prestasi dijatah 5 persen. Begitu pula JAK maksimal 5 persen atau sama dengan 18 kursi. Sedangkan peminat JAK mencapai 74 pendaftar di hari pertama. Panitia PPDB pun masih membuka pendaftaran jalur ini sampai Selasa (19/6) ini. Pengumumannya Kamis (21/6), sehingga calon peserta didik yang tak lolos di jalur prestasi bisa ikut pendaftaran jalur NUN (nilai ujian nasional).

Ketua Panitia PPDB di SMA N 1 Sukawati I Made Dharma SPd MSi mengatakan dalam pendaftaran hari pertama, hingga Senin sore kemarin ada 74 pendaftar paad sekolah di Desa Sukawati, Gianyar ini. “Siswa yang mendaftar dari Senin pagi hingga pukul 14.00 Wita," katanya.

Dikatakan, dari 74 siswa yang mendaftar itu, tercatat ada 70 siswa yang mendaftar dari jalur prestasi. Prestasi juara 1,2, 3 dan harapan baik juara perorangan sampai juara beregu. "Sesuai juknis, yang diterima ini khusus prestasi juara di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional," tegasnya.

Namun ada juga orangtua siswa mendaftarkan anaknya menggunakan piagam penghargaan sebagai peserta lomba. Sesuai juknis PPDB, piagam seperti ini pun tidak masuk dalam PPDB jalur prestasi. "Imbauan pimpinan, kalau ada  orangtua siswa memaksa menggunakan piagam penghargaan sebagai peserta lomba, ya diterima saja. Tapi kami jelaskan, bila skor untuk piagam ini nol dalam arti tidak lulus. Akhirnya orangtua tersebut mengerti dan batal mendaftar," ujarnya.

Diakui, seleksi untuk jalur prestasi di SMA N 1 Sukawati akan belangsung ketat. Sebab kuota untuk jalur ini hanya 5 persen atau 18 siswa dari kuota 360 siswa. "Mengisi kuota 18 orang ini, akan diseleksi ketat sesuai skor prestasi, tetapi sebelum itu kami masih menunggu pendaftaran besok (hari ini, Red)," katanya. Ditambahkan, selain jalur prestasi, ada juga empat siswa yang mendaftar menggunakan jalur alasan khusus yakni pada poin anak pendidik dan tenaga kependidikan. "Kebetulan ada anak pendidik yang mendaftar kami terima, kalau poin lainnya pada JAK itu belum ada," ujarnya.*nvi

Komentar