nusabali

Dua Tahanan Kabur Dibekuk saat Lebaran

  • www.nusabali.com-dua-tahanan-kabur-dibekuk-saat-lebaran

Tuntas sudah perburuan 5 tahanan yang kabur dari Polsek Denpasar Barat.

Perburuan 5 Tahanan Kabur dari Polsek Denbar Tuntas

DENPASAR, NusaBali
Tim Gabungan Polsek Denbar, Polresta Denpasar dan Polda Bali meringkus dua tahanan kabur terakhir yaitu M Alfah dan Wilson Kenedy di Balikpapan pada Jumat (15/6) lalu.   Informasi yang dihimpun, penangkapan ini dilakukan tepat saat Hari Raya Idul Fitri. Alfah dan Kenedy dibekuk di dua tempat berbeda di Balikpapan saat merayakan Lebaran. “Keduanya ditangkap saat sembunyi di rumah keluarganya,” ujar sumber Senin (18/6).

Kapolresta Denpasar Kombes Hadi Purnomo yang dikonfirmasi membenarkan penangkapan dua tahanan kabur yaitu Alfah dan Kenedy. Ia mengatakan kedua tahanan masih dalam perjalanan menuju Bali. “Tiket pesawat dari Balikpapan ke Bali agak susah. Mudah-mudahan hari ini sampai dan besok bisa kita rilis ke rekan media,” ujar Kombes Hadi Purnomo, Senin (18/6).

Seperti diketahui, kedua tahanan yaitu M Alfah dan Kenedy ini merupakan tersangka dalam kasus pencurian. Keduanya ditangkap di Balikpapan pada 29 Maret lalu. Dengan tertangkapnya dua tahanan ini berarti seluruh tahanan kabur yang berjumlah 5 orang sudah tertangkap semua.

Sebelumnya petugas menangkap M Panzuri Akbar di kawasan Panjer pada Senin (4/6) sesaat setelah kabur. Petugas juga membekuk M Yasin yang membantu Akbar melarikan diri dari Rutan Polsek Denbar. Yasin yang berkunjung menyeludupkan gergaji dan satu bendel plastik ke dalam Rutan.

Selanjutnya pada Selasa (5/6) giliran tahanan bernama Muhammad Zubair yang ditangkap di Terminal Purbaya, Surabaya, Jawa Timur. Saat itu ditangkap, Zubair baru turun dari bus. Terakhir, giliran M Rifai yang dibekuk di wilayah Bandung, Jawa Barat.

Sementara itu, pasca kaburnya lima tahanan, Rutan Polsek Denpasar Barat (Denbar) langsung direnovasi. Selama perbaikan, 14 orang tahanan tersangkut kasus pencurian dan penggelapan dipindahkan ke rutan Polda Bali dan Polresta Denpasar.

Pemindahan tahanan dilakukan, Senin (18/6) sekitar pukul 15.00 Wita. Mereka dibawa menggunakan  mobil tahanan Polresta Denpasar dengan penjagaan ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap. “Hari ini kami  pindahkan para tahanan ke rutan Polda Bali dan Polresta Denpasar,” kata Kapolsek Denpasar Barat Kompol Adnan Pandibu.

Menurutnya, renovasi ruang tahanan yang dilakukan mulai, Selasa (19/6) dengan meninggikan atap serta plafon dicor. “Kita buat lebih kokoh lagi terutama bagian atasnya agar tidak terulang lagi kejadian tahanan kabur,”tegas mantan Kapolsek Denpasar Timur ini. *rez

Komentar