nusabali

Warga Satu Tempek Terserang DB

  • www.nusabali.com-warga-satu-tempek-terserang-db

Ada belasan orang warga tempekan ini tidak dirawat di rumah sakit.

GIANYAR, NusaBali
Serangan penyakit demam berdarah (DB) di Tempekan Selat, Banjar Apuan, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar, makin ganas. Sedikitnya, sejak empat bulan terakhir ada 26 warga tempekan tersebut masuk rumah sakit karena terserang DB. Dan, ada belasan orang warga tempekan ini  tidak dirawat di rumah sakit. 

Saat ditemui di kediamannya, Kamis (10/3), Kelian Tempek Selat, Banjar Apuan, Desa Singapadu, I Nyoman Wardana dan Putu Sukada mengatakan kasus DB ini di wilayahnya sangat mengerikan warga. 

Tahun sebelumya hanya seorang warga terindikasi DB. Putu Sukada mengatakan ada belasan warga kena DB, tidak dirawat di rumah sakit namum melakukan pengobatan di salah satu praktik kesehatan di Ubud. “Warga kami terang DB juga ada yang melakukan perawatan di rumah,” ungkap Sukada. 

Katd dia, meskipun tidak dilakukan tes lab tetapi berdasarkan ciri-ciri seseorang tersebut menunjukkan penderita DB. Tempekan Selat, Banjar Apuan, Desa Singapadu terdapat 62 KK dan hampir setiap pekarangan ada warga yang terkena DB. I Nyoman Wardana menyampaikan, Banjar Apuan membentuk tim jumantik upaya menekan perkembangan jentik nyamuk. 

Banjar tersebut terdiri dari empat tempekan dan setiap minggu bergiliran dilalukan pengecekan jentik nyamuk. Tim dari Puskesmas juga telah turun tangan, mengimbau dan sempat dilakukan fogging. Masyarakat sendiri melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) menguras, menutup dan mengubur barang-barang yang bisa dijadikan tempat berkembang sarang nyamuk. 7 cr62

Komentar