nusabali

SMA Belum Kebagian Blangko Ijazah

  • www.nusabali.com-sma-belum-kebagian-blangko-ijazah

Pihak SMA khawatir kewalahan menulis blangko ijazah jika tiba berbarengan dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB).

AMLAPURA, NusaBali
Seluruh 19 SMA di Karangasem belum menerima suplai blangko ijazah. Jumlah siswa SMA secara keseluruhan 2.665 orang. Informasinya, blangko ijazah SMA masih dalam proses. Sementara seluruh SMK di Karangasem telah memulai pengisian blangko ijazah. Total blangko yang diterima sebanyak 2.012 sesuai jumlah siswa di 13 SMK.   

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA Karangasem, Wayan Sugiana, berharap secepatnya blangko ijazah dikirim ke sekolah sehingga secepatnya bisa melakukan pengisian. Dikatakan, 9 SMA negeri dan 10 SMA swasta di Karangasem seluruhnya belum terima blangko ijazah. Khusus di SMAN 1 Amlapura, jumlah siswa sebanyak 312 orang. “Nanti kami koordinasikan agar secepatnya blangko ijazah dikirim ke sekolah,” ungkap Sugiana yang juga Kepala SMAN 1 Amlapura ini, Kamis (7/6).

Dikatakan, pada bulan Juni 2018 ini ada banyak waktu luang untuk mengisi ijazah. Jika kedatangan blangko ijazah SMA mengalami keterlambatan, dikhawatirkan kewalahan menulis di blangko ijazah apalagi jika sampai berbarengan dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal senada diungkapkan Kasek SMA PGRI Amlapura, I Ketut Jelantik. “Kami juga belum terima blangko ijazah, sangat berharap secepatnya blangko dikirim. Sehingga kami lebih cepat melakukan penulisan,” pinta Ketut Jelantik, yang menamatkan sebanyak 184 siswa.

Berbeda dengan di SMK telah terima blangko ijazah, sehingga tengah disibukkan menulis di blangko ijazah. Targetnya, bertepatan kenaikan kelas Kamis (14/6) telah tuntas dan langsung dibagikan. “Kami telah terima blangko ijazah untuk 2.012 siswa dari 13 sekolah,” jelas Ketua MKKS SMK yang juga Kasek SMKN Amlapura I Wayan Artana. SMKN Amlapura menamatkan 386 siswa. Mempercepat pengisian blangko ijazah, penulisannya dibagi-bagi kepada beberapa guru. “Kebetulan kami telah tuntas mengisi nilai rapor, maka berlanjut pengisian blangko ijazah,” jelas Artana. Sementara Kepala UPT Disdikpora Provinsi Bali di Karangasem, I Made Puri Suastika, membenarkan sementara blangko ijazah untuk SMK yang datang, sedangkan blangko ijazah SMA masih dalam proses. “Dalam waktu dekat blangko ijazah SMA akan disuplai ke sekolah-sekolah,” katanya. *k16

Komentar