nusabali

Anggaran THR Tembus Rp 37,3 Miliar

  • www.nusabali.com-anggaran-thr-tembus-rp-373-miliar

Budget diambil dari gaji tiga bulan ASN, dan ‘peminjaman’ itu akan dikembalikan lewat APBD Perubahan 2018.

THR Cair Hari Ini, Gaji Ke-13 Cair Awal Juli

SINGARAJA, NusaBali
Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkab Buleleng, dijanjikan segera cair. Untuk THR dijanjikan cair  paling lambat, Jumat (8/6) besok. Sedangkan gaji ke-13, dijanjikan cair pada minggu pertama bulan Juli 2018.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Dewa Ketut Puspaka, yang dikonfirmasi terkait pembayaran THR dan gaji ke-13 bagi ASN di lingkup Pemkab Buleleng, Rabu (6/6). “Pencairan THD dan gaji ke-13, sudah diputuskan oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah). Kita berharap bisa dicairkan besok, (hari ini, Red), atau paling lambat Jumat (8/6),” katanya.

Dijelaskan, skema pencairan THR dan gaji ke-13 sudah dipertimbangkan melalui simulasi perubahan anggaran. Karena selama ini gaji untuk ASN dianggarkan selama 12 bulan. Sehingga untuk pembayaran THR dan gaji ke 13, memanfaatkan gaji tiga bulan terakhir. Nantinya, penyesuaian anggaran dilakukan saat pembahasan APBD Perubahan 2018.  “Kita juga sudah lakukan simulasi dengan menggeser anggaran gaji tiga bulan terakhir untuk mengakomodasi THR dan gaji ke-13. Selanjutnya, di perubahan akan kita sempurnakan,” ungkap Puspaka.

Menurut Sekda Puspaka, pergeseran anggaran tersebut merupakan penerapan dari instruksi pemerintah pusat dalam pencairan THR dan gaji ke-13. Dalam simulasi yang dilakukan juga sudah menyetujui mengikuti instruksi tersebut untuk realisasi THR dan gaji ke-13 untuk para ASN di Kabupaten Buleleng. “Secara prinsip kita mengikuti instruksi dari pemerintah pusat tersebut,” terangnya.

Sementara data dihimpun, total dana yang dibutuhkan untuk membayar THR dan Gaji ke-13 mencapai hampir Rp 75 miliar. Untuk THR diperkirakan mencapai Rp 37,3 miliar. Sedangkan gaji ke-13, juga hampir sama sebesar Rp 37 miliar. *k19

Komentar