nusabali

Patung Bung Karno Segera Ditenderkan

  • www.nusabali.com-patung-bung-karno-segera-ditenderkan

Patung Bung Karno yang dirancang menjadi maskot Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sukasada segera akan ditenderkan setelah masa pemeliharaan.

SINGARAJA, NusaBali
Rencana pendirian patung Bung Karno itu masuk dalam rencana pembangunan RTH Sukasada tahap ketiga yang akan dimulai pertengahan tahun ini.Plt Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng, Nyoman Suratini dihubungi, Senin (4/6) siang kemarin menjelaskan pentenderan patung bung karno paling lambat akan dibuka pada Agustus mendatang setelah masa pemeliharaan pembangunan tahap kedua berakhir pada bulan akhir Juni mendatang.

Pembangunan RTH Sukasada yang sudah disepakati bernama Taman Bung Karno itu di pembangunan tahap ketiga Rp 5,83 miliar. Selain memasang patung Bung Karno setinggi delapan meter yang rencananya memakai bahan dasra perunggu senilai Rp 2 miliar juga juga akan melakukan pembangunan open stage Singa, wantilan, termasuk beberapa landscape di seputaran taman tersebut.

Rencananya patung Bapak Proklamator ini akan dijadikan sebagai ikon nasional. Mengingat sepanjang kawasan mulai dari lokasi taman Bung Karno hingga Kantor Bupati Buleleng ditetapkan sebagai Kawasan Soekarno Haritage. “Sekarang sedang masa pemeliharaan untuk pembangunan tahap dua sebelumnya, setelah ini akan segera ditenderkan,” ungkap dia.

Pihaknya pun menjelaskan jika anggaran memadai maka pembangunan taman seluas 2,2 hektar itu rencananya akan dilaksanakan sebanyak empat tahapan. Sehingga,  total keseluruhan anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan RTH Bung Karno ini diperkirakan mencapai Rp 26 miliar.

Sementara itu desain patung Presiden RI Pertama itu rencananya akan diletakkan di atas pedestal yang sudah dibangun pada pembangunan tahap pertama. Dalam desainnya patung pesiden pertama di Indonesia juga dipilih saat menggunakan baju kebesarannya lengkap dengan peci dan tongkat komando, dengan posisi berdiri dan menunjuk sang fajar menghadap ke Timur. Jika dihitung dari dasar pedestal monumen Bung Karno total akan berdiir setinggi 16,5 meter lebih. *k23

Komentar