nusabali

Prabowo-Amien Umrah Temui Habib Rizieq Pengamat Nilai untuk Cari Dukungan Pilpres

  • www.nusabali.com-prabowo-amien-umrah-temui-habib-rizieq-pengamat-nilai-untuk-cari-dukungan-pilpres

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan elite PKS akan bertemu dengan imam besar FPI Habib Rizieq Syihab di sela umrah. Pertemuan itu dinilai untuk mencari dukungan di pilpres.

JAKARTA, NusaBali
"Kita bisa menafsirkan beberapa hal. Pertama, baik Prabowo dan Amien membangun komunikasi politik dengan Habib Rizieq. Baik Prabowo dan Amien meyakini di belakang Habib Rizieq ada massa yang bisa didapatkan dalam Pilpres 2019," kata pengamat politik UI, Cecep Hidayat ketika dihubungi, Jumat (1/6). "Kemungkinan nanti si Habib Rizieq ber-statement untuk memberikan dukungan kepada salah satu capres tertentu. Itu potensi suara yang relatif cukup besar," lanjutnya.

Cecep menyebut, menjelang pilpres, masing-masing parpol berusaha membangun komunikasi politik. Dia mencontohkan salah satu rencana pertemuan Prabowo dengan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya kira ini kan mereka semua elite sedang berusaha membangun komunikasi politik. Salah satu kubu memang ada Jokowi masih menimbang cawapres ya, baik PPP, PKB, dan Golkar. Di pihak yang lain, ini masih belum pasti, Gerindra mau memberikan kepada Prabowo, tapi Prabowo saja belum deklarasi dan ini masih sampai Agustus. Apalagi Prabowo mau ketemu SBY," urainya.

Cecep menyebut selama ini banyak tokoh yang membangun komunikasi politik dengan Rizieq Syihab. Dia pun memprediksi itu dilakukan demi persiapan Pilpres 2019.

"Ada yang mengklaim Habib Rizieq itu tokoh di balik massa 212. Semua kemungkinan dibangun oleh politisi jelang 2019. Habib Rizieq sudah melakukan komunikasi politik dengan banyak pihak, Sandi Uno, politikus PDIP Erwin Moeslimin Singajuru, Anies Baswedan," urainya dilansir detik.com. Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo menyampaikan tidak tertutup kemungkinan Rizieq Syihab akan bergabung dalam pertemuan dengan Prabowo, Amien Rais, dan elite PKS. Dradjad juga menyebut ada ustaz 212 yang ikut umrah. Awiek mengaku tak khawatir jika ada pembahasan pilpres dalam pertemuan itu. *

Komentar